Munculkan Ekonomi Kreatif, KEK Wonosobo Gelar FFW Award I

Munculkan Ekonomi Kreatif, KEK Wonosobo Gelar FFW Award I

KEK. Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Wonosobo gelar Festival Film Wonosobo Award I, Selasa (14/2) di pendopo kabupaten.(foto : Agus Supriyadi/Wonosobo ekspres)--magelang ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID- Sebagai upaya memperkenalkan dan mengembangkan dunia ekonomi kreatif kepada para pelajar, Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Wonosobo gelar Festival Film Wonosobo Award I, Selasa (14/2) di pendopo kabupaten. Kegiatan FFW difokuskan untuk jenjang SMP dan SMA, agar memunculkan embrio dalam bidang ekonomi kreatif.

“FFW I diikuti 19 sekolah dengan 6 nominasi penghargaan, Best Director, Sinematografi, Editor, Actor, Movie SMP, dan Best movie SMA yang memperebutkan total hadiah 28 juta,” ungkap Ketua KEK Wonosobo Alfa Gemilang kemarin.

Menurutnya, FFW baru pertama kali digelar dan mendapatkan dukungan oleh 3 institusi pemerintah yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Zaman digital semua orang butuh konten video, kalau tidak dilakukan seperti ini mereka akan susah berkembang, dengan acara ini diharapkan mereka tidak gaptek terkait bidang perfilman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menambahkan, Pemerintah tidak bisa sendiri, tapi harus berkolaborasi dengan para pelaku kreatif. Tahun ini ada tiga sektor yang difokuskan, pertama video, film dan animasi, kedua  sektor fashion, dan ketiga sektor craft.

“Pengembangan ekonomi kreatif perlu kolaborasi semua pihak, upaya KEK mendorong kalangan pelajar melakukan produksi film patut didukung,” ucapnya.

Dijelaskan bahwa KEK yang beranggota para pelaku, akademisi, praktisi dan media, merupakan lembaga non struktural yang dibentuk untuk membantu pelaksanaan ekonomi kreatif dalam merencanakan dan mendampingi pelaku ekonomi kreatif di lapangan.

“Kolaborasi ini untuk memunculkan orang-orang wonosobo yang kreatif. Dengan memberi ruang, kesempatan dan fasilitas bagi mereka melalui creative hub yang sedang kita bangun, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku seni untuk menghasilkan dan menunjukkan karyanya,” pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres