H-3 Lebaran, 6.233 Penumpang Tiba dan Berangkat dari Terminal Tidar Kota Magelang

H-3 Lebaran, 6.233 Penumpang Tiba dan Berangkat dari Terminal Tidar Kota Magelang

Mobilitas armada angkutan dan penumpang mulai terlihat di area Terminal Tidar Kota Magelang, menjelang Idul Fitri 1444 H, Rabu, 19 April 2023.-(foto : hendri saputra/magelang ekspres)-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Memasuki suasana arus mudik Lebaran 1444 H, arus kendaraan di sepanjang jalan Kota Magelang sudah mulai mengalami kenaikan.

Hal tersebut terlihat dari Pos Terpadu Arus Mudik Lebaran 1444 H di Terminal Tidar Kota Magelang, juga sudah mengalami penambahan penumpang, khususnya pada malam hari.

Kepala Pos Terpadu Polres Magelang Kota di Terminal Tidar, Iptu Hary Yulianto menyebutkan, sebagian besar para penumpang yang tiba ini karena mengikuti program mudik gratis.

"Faktor lain kenapa arus mudik mulai terlihat karena Jakarta dan Semarang sudah memberlakukan one way," ujarnya, saat ditemui di Pos Terpadu, Rabu, 19 April 2023.

BACA JUGA : Lebaran Tinggal Sebentar, Jual Beli di Pasar Kebonpolo Kota Magelang Masih Sepi

Pihaknya memperkirakan, kenaikan jumlah penumpang akan terus terjadi hingga H-1 Lebaran mendatang.

"Jadi di Terminal Tidar Kota Magelang karena menjadi salah satu pusat mobilisasi masyarakat untuk berpergian sudah mulai ada peningkatan yang signifikan," tuturnya.

Iptu Hary Yulianto menambahkan, pendirian Pos Terpadu satu-satunya di Kota Magelang ini bertujuan untuk membantu atau memfasilitasi para pemudik yang melintasi wilayah Kota Magelang dan sekitarnya.

Personel Pos Terpadu tidak hanya dari unsur kepolisian, tapi juga diperkuat dari tim gabungan seperti TNI dari Kodim 0705/Magelang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan unsur lainnya.

BACA JUGA : Bulan Dana PMI Kota Magelang Ditargetkan Kumpulkan Rp1 Miliar

Hingga Rabu, 19 April 2023, tercatat sebanyak 6.233 penumpang di Terminal Tidar Kota Magelang, baik keberangkatan maupun kedatangan.

Ribuan penumpang ini diangkut dengan 658 armada angkutan baik angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota dalam provinsi (AKDP), maupun angkutan mikro angkutan kota dalam provinsi.

Jumlah total armada angkutan tersebut terdiri dari, kedatangan AKAP mencapai 166 unit dengan jumlah penumpang keseluruhan mencapai 2.240 penumpang.

Sedangkan untuk jenis keberangkatan AKAP mencapai 152 armada bus dengan jumlah penumpang 2.469 orang.

BACA JUGA : Pj Sekda Larsita SE MSc Kini Jabat Asisten Pemerintahan dan Kesra

Lalu, untuk kedatangan dari Angkutan Kota Dalam Provinsi  (AKDP) mencapai 76 bus dan jumlah penumpang 421 orang.

Selanjutnya untuk keberangkatan AKDP sejumlah 73 bus dengan jumlah penumpang 767 orang.

Kemudian untuk Mikro Angkutan Kota Dalam Provinsi  kedatangan mencapai 96 armada bus dengan 144 penumpang.

Sedangkan untuk keberangkatan Mikro Angkutan Kota Dalam Provinsi tercatat ada 95 armada bus dengan jumlah penumpang 192 orang.

BACA JUGA : Siap-siap Berurusan dengan Walikota, Jika Ada ASN yang Bawa Mobil Dinas Buat Mudik

BACA JUGA : Hore! Fly Over Canguk Segera Dibangun

Iptu Hary Yulianto menambahkan, daerah yang menjadi titik rawan kepadatan dan kemacetan di kawasan Pos Terpadu adalah simpang Canguk.


Suasana Pos Terpadu Terminal Tidar Kota Magelang-(foto : hendri saputra/magelang ekspres)-Magelang Ekspres

Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Magelang akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan atau mengurai kepadatan. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id