Kota Magelang Buka Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Kota Magelang Buka Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Ilustrasi pengendalian Covid-19 di Kota Magelang selama musim libur Lebaran.-desain grafis : Larasati Putri-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Berbeda dengan beberapa daerah lainnya, angka kejadian  kasus covid-19 di Kota Magelang selama Ramadan dan awal Idulfitri 1444 H masih melandai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Magelang, Yis Romadhon mengatakan, sejauh ini hanya sekitar satu pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

"Hanya 0-1 orang per minggu. Kadang malah tidak ada sama sekali. Tapi Satgas Penanganan Covid-19 belum dibubarkan. Dan status pandemi belum diubah ke endemi," kata Yis Romadhon, Sabtu, 22 April 2023.

BACA JUGA : Shalat Id Warga Muhammadiyah di Taman A Yani Kota Magelang Berlangsung Lancar

Meski demikian, Idulfitri tahun 2023 ini tidak ada aturan mengikat dari pemerintah pusat. Dengan begitu, ancaman penaikkan status Covid-19 masih menjadi isu strategis Dinas Kesehatan Kota Magelang.

"Sejauh ini tidak ada lonjakan kasus Covid-19. Bahkan, sepanjang arus mudik pun kami prediksi tidak terjadi lonjakan," kata Yis Romadhon.

Prediksi itu dikuatkan dengan kesigapan Dinas Kesehatan maupun Satgas Penanganan Covid-19. Bahkan, jauh hari sebelumnya, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang memadai.

BACA JUGA : Libur Lebaran, Disdukcapil Kota Magelang Tetap Buka Layanan, Catat Tanggalnya!

"Fasyankes ini dikhususkan bagi pasien Covid-19 maupun pasien umum selama Hari Raya Idulfitri 1444 H," terangnya.

Dia menjelaskan, kendati sebagian besar aparatur sipil negara (ASN) mendapatkan libur dan cuti bersama, tapi khusus tenaga kesehatan tetap disiagakan di seluruh rumah sakit yang ada.

"Rumah sakit tetap disiapkan, mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana, termasuk SDM yang mumpuni," tandasnya.

BACA JUGA:Inilah Deretan Kedai Kopi di Magelang yang Buka Selama Libur Lebaran

Sedangkan untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), kata Yis Romadhon, selama libur Lebaran tetap membuka layanan seperti biasa dengan jam operasional yang telah disesuaikan.

"Semoga kali ini tidak ada lonjakan kasus meskipun jumlah pemudik di Kota Magelang bertambah selama libur Lebaran," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id