Shalat Id Warga Muhammadiyah di Taman A Yani Kota Magelang Berlangsung Lancar

Shalat Id Warga Muhammadiyah di Taman A Yani Kota Magelang Berlangsung Lancar

Suasana Sholat Idul Fitri 1444 H warga Muhammadiyah di Taman Ahmad Yani, Potrobangsan, Magelang Utara, Jumat, 21 April 2023. -Muhammad Fadlil-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Warga Muhammadiyah di Kota Magelang menggelar shalat Idul Fitri, 1444 H. Ada 18 titik masyarakat muslim di Kota Magelang yang melaksanaan shalat Id pada, Jumat 21 April 2023.

Salah satunya di Taman A Yani, Jalah Pahlawan, Kecamatan Magelang Tengah.
Berdasarkan pantauan, terlihat ada beberapa titik yang melangsungkan Shalat Id, Jumat pagi.

Selain di Taman A Yani, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang juga menggelar Shalat Id 1444 H di 17 tempat lainnya.

Ratusan warga berbondong-bondong menuju Lapangan Ahmad Yani untuk melaksanakan ibadah Shalat Id.

Tidak hanya itu, tampak orang-orang yang datang untuk melakukan ibadah setahun sekali itu. Di Taman A Yani,H Solichin menjadi khatib dan imam shalat.

BACA JUGA : Daftar Lokasi Sholat Idul Fitri Muhammadiyah 21 April 2023 di Magelang

Perlu diketahui, penetapan Hari Raya Idul Fitri 2023 ini berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah. Kementerian Agama RI menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti sidang isbat di Kantor Kementrian Agama, Kamis 20 April 2023.

Perbedaan waktu perayaan lebaran Idul Fitri ini dikarenakan metode penentuannya yang berbeda.

BACA JUGA : Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H Jatuh Pada Sabtu 22 April 2023

Muhammadiyah menentukan awal bulan dengan metode hisab. Sementara pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode rukyatul hilal.

Terkait adanya perbedaan ini, Menag mengimbau masyarakat dan para pemuka agama untuk tidak meributkan dan tetap saling menghargai.


Agus Priawan salah seorang jemaah Shalat Idul Fitri di Taman A Yani, mengatakan perayaan Idulfitri tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun lalu.

Pasalnya, ada perbedaan antara Muhammadiyah dan Pemerintah dalam menetapkan hari raya umat Muslim tersebut.

BACA JUGA : H-1 Lebaran, Terminal Madureso Temanggung Masih Sepi

"Mungkin dalam jatuhnya Idulfitri 1444 H kali ini agak berbeda, namun perbedaan itu yang membuat rasa toleransi dan menghargai lebih terpupuk lagi," tuturnya. (mg5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id