Puncak Arus Balik di Magelang Diprediksi Terjadi Besok Sabtu

Puncak Arus Balik di Magelang Diprediksi Terjadi Besok Sabtu

Suasana Terminal Tidar Kota Magelang disesaki para penumpang yang hendak kembali beraktivitas kerja atau melanjutkan pendidikan.-FOTO : HENDRI SAPUTRA/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Puncak arus balik di Kota Magelang diprediksi akan terjadi besok, Sabtu, 29 April 2023.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tidar Kota Magelang Joko Purnomo mengatakan, prediksi itu cukup realistis mengingat tiket bus sudah ludes terjual sejak H+2 Lebaran lalu.

Tiket baru akan tersedia lagi setelah tanggal 2 Mei 2023.

"Tiket sudah habis. Rata-rata calon penumpang hendak berangkat pada Sabtu besok," kata Joko Purnomo, Jumat, 28 April 2023.

BACA JUGA:Waduh, Tiket Bus di Terminal Tidar Ludes Sampai 1 Mei 2023

Tidak hanya puncak arus balik yang diprediksi, volume penumpang pun diperkirakan lebih besar dari tiga tahun belakangan.

"Ini karena sekarang tidak ada larangan mudik, sehingga kemungkinan tahun ini menjadi yang terbesar," ujarnya.

Kenaikan penumpang sudah terjadi sejak 24 April lalu. Saat itu jumlah penumpang mencapai 1.152 orang. Kemudian sehari berselang atau Selasa, 25 April tercatat 2.512 penumpang.

"Lalu kemarin, Rabu-Kamis sudah lebih dari 3.000 orang. Kemungkinan pada puncak arus balik akan ada 3.000 orang di Terminal Tipe A Tidar Magelang," ucapnya.

Kenaikan jumlah penumpang dirasa sangat signifikan dibanding hari biasa yang tak lebih dari 500 orang saja.

BACA JUGA:H+6 Lebaran, Arus Balik Lebaran Masih Terlihat di Kota Magelang

"Momen arus mudik dan balik tahun ini terjadi kenaikan hingga 10 kali lipat dibanding hari normal," terangnya.

Joko menyebutkan, tujuan penumpang dari Terminal Tidar, tersebar di semua wilayah. Tidak hanya ke Ibukota, tapi penumpang ke Sumatera, Kalimantan, Bali juga lumayan banyak.

"Dominasinya tidak cuma karyawan yang bekerja ke kota-kota besar, tapi ada juga mahasiswa, santri, yang ingin kembali belajar ke daerah lain," ujarnya. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres