Ratusan Porsi Bakso Hangatkan Halal Bihalal dan Peringatan Hardiknas di SMP Mutual

Ratusan Porsi Bakso Hangatkan Halal Bihalal dan Peringatan Hardiknas di SMP Mutual

HALAL BIHALAL. Sajian bakso meriahkan momen syawalan keluarga besar SMP Mutual Kota Magelang, Selasa, 2 Mei 2023 lalu.-Heni Agusningtiyas-Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKPRES.DISWAY.ID - Masuk hari pertama para siswa-siswi di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), pada Selasa, 2 Mei 2023. Para siswa mengikuti upacara peringatan Hardiknas dan juga sekaligus Halal Bihalal.

Wasi'un selaku kepala sekolah mengajak para seluruh siswa untuk merenungi kembali makna pendidikan. Ia merasa prihatin tentang budaya pelajar saat ini yang masih kurang peduli sebagaimana tugas dan fungsinya.

"Pelajar jangan sampai kehilangan jati dirinya. Esensi dari pelajar adalah tanpa lelah untuk belajar. Belajar juga tidak harus di dalam kelas, namun setiap kejadian adalah tempat kita untuk mengambil sebuah pelajaran dan pengalaman," kata Wasi’un saat memberikan amanat dalam peringatan Hardiknas 2023.

Ia juga meminta untuk para siswa lebih peka dalam membedakan mana yang baik dan mana yang tidak pantas. Di era teknologi saat ini, banyak orang yang tidak kontrol akhlaknya. Mereka terlalu liar di media sosial yang kadang menjadi bumerang bagi diri kita.

"Remaja sangat dekat dengan media sosial. Kalau tidak hati-hati dalam menggunakan, maka bahaya. Mari bijak berakhlak baik di dunia nyata maupun di dunia maya," ajaknya di hadapan ratusan siswa SMP Mutual.

Setelah peringatan Hardiknas, para siswa bersalaman antara guru yang laki-laki dengan siswa laki-laki, dan guru perempuan dengan siswi perempuan.

Acara sangat meriah dengan dilanjutkan makan bersama yang disediakan oleh sekolah dengan makan bakso bareng.

Ahmad Haryanto selaku Ketua Panitia Serangkaian Halal Bihalal menyampaikan bahwa dengan makan bersama dapat mempererat Ukhuwah Islamiyyah.

"Mereka bisa lebih dekat dan saling menguatkan ukhuwah. Acara juga dilanjut sharing bersama wali kelas dengan membawa makanan snack atau kue sisa-sisa lebaran," tuturnya. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres