Agus Bastian Pindah ke NasDem, Ketua DPC Partai Demokrat: Etikanya Berhenti Jadi Bupati

Agus Bastian Pindah ke NasDem, Ketua DPC Partai Demokrat: Etikanya Berhenti Jadi Bupati

Foto: BERI KETERANGAN. Ketua DPC Partai Demokrat Purworejo, Yophi Prabowo, memberikan keterangan soal kepindahan Agus Bastian ke Partai NasDem, usai mendaftarkan Bacaleg Demokrat, di kantor KPU Purworejo, kemarin.-Eko Sutopo-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Kabar terkait pindahnya Agus Bastian dari Partai Demokrat ke Partai NasDem dan mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI mendapat tanggapan dari Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Purworejo, Yophi Prabowo.

Menurut Yophi, secara etika dan moral seharusnya Agus Bastian mundur atau berhenti dari jabatannya sebagai Bupati Purworejo jika sudah keluar dari Partai Demokrat yang mengusungnya sebanyak 2 periode.

"Pak Agus Bastian yang dulu mendaftarkan dan kita usung menjadi kepala daerah, sudah 2 kali menjabat, dan kemarin kami dengar beliau mengundurkan diri, keluar dari Partai Demokrat, kami juga mendengar kabar bahwa beliau pindah ke Partai Nasdem," kata Yophi saat dikonfirmasi sejumlah awak media usai melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Demokrat ke KPU Purworejo, Jumat (12/5) siang.

Yophi menjelaskan, mundur dari jabatan bupati harusnya dilakukan Agus Bastian sebagai tanggung jawab moral karena sudah 2 periode diusung Partai Demokrat sebagai kepala daerah.

BACA JUGA:Daftarkan Bacaleg ke KPU, Dion Sebut Ganjar Effect Bakal Dongkrak Perolehan Kursi PDIP Purworejo

"Jadi kami pikir secara moral, etika, harusnya kalau dulu beliau menjadi kepala daerah dari Demokrat, harusnya punya tanggung jawab moral, dengan tanggung jawab moral, beliau harus konsisten, karena sudah pindah partai, dan nyaleg di partai lain, harapan kami dan teman-teman Demokrat, beliau juga harus mengundurkan diri.

Karena dulu yang mengusung dari Demokrat, secara etika itu harusnya berarti dia juga mengundurkan diri dan harus berhenti menjabat sebagai kepala daerah," papar Yophi.

Kendati demikian, Yophi belum tahu secara pasti soal keluarnya Agus Bastian dari Partai Demokrat karena surat biasanya dikirim langsung ke pusat, tidak melalui daerah. Yophi juga mengaku ikhlas, jika Agus Bastian keluar dari Nasdem.

"Kami belum tahu karena itu bersurat, mungkin ke DPP, kita belum tahu, nanti mungkin bisa ditanyakan langsung ke beliau (bupati). Kami teman-teman berjiwa besar, kami ikhlas, karena itu hak beliau menetukan pilihan. Kami juga prinsip, hilang satu tumbuh seribu,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kebutuhan Jasa Rias Kian Tinggi, Dinporapar dan KNPI Purworejo Fasilitasi Beauty Class bagi Millenial

Yophi pun mengaku hubungannya dengan Agus Bastian baik-baik saja. Ditanya apa latar belakang kepindahan Agus Bastian, Yophi menjawab menyatakan tidak tahu secara persis.

“Selama ini hubungan kita baik-baik saja, mungkin karena beliau punya kepentingan lain, kita tidak tahu," ungkapnya.

Dikonfirmasi soal sejumlah Caleg yang ikut pindah ke Nasdem mengikuti jejak Agus Bastian, Yophi mengakui bahwa memang ada Caleg yang mendaftar. Namun, kemudian mengurungkan niatnya.

"Kita belum tahu mas, memang ada beberapa yang mendaftar lalu nggak jadi ya, karena kalau di politik itu sangat dinamis, pergeseran para Caleg," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres