Ini Alasan Temanggung Kembali Sabet Penghargaan PPD 2023, Dwi Sukarmei: Peduli dengan Lingkungan

Ini Alasan Temanggung Kembali Sabet Penghargaan PPD 2023, Dwi Sukarmei: Peduli dengan Lingkungan

Kepala Bappeda Pemkab Temanggung Dwi Sukarmei-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sejumlah inovasi yang diterapkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023, membuat Pemerintah Kabupaten Temanggung menjadi yang terbaik dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023.

Kepala Bappeda Pemkab Temanggung Dwi Sukarmei menyebutkan, sejumlah rencana kerja dan inovasi yang dimasukan dalam RKPD di antaranya gerakan konservasi sabuk gunung, penanganan sampah, membangun dari desa pinggiran, penanganan stunting, program penanganan kemiskinan melalui kelompok usaha bersama, peningkatan ekonomi perkopian, inovasi sekolah kopi, batik shibiru, dan lain-lain.

"Masih banyak yang lainnya, tapi yang jelas rencana kerja Pemkab Temanggung sangat peduli dengan lingkungan," katanya, kemarin.

Menurutnya, menjadi yang terbaik dalam PPD ini bukan hanya prestasi yang patut dibanggakan, namun menjadi tanggung jawab yang besar yang harus dijalankan dan terus ditingkatkan, sehingga tujuan dari pembangunan bisa tercapai.

BACA JUGA:Pemkab Temanggung Lupa Bangun Kembali Monumen Pemenggalan Kepala, Pasca Jembatan Kali Progo Dipugar

Dwi berharap, penghargaan ini bisa semakin memicu semangat untuk semakin inovatif dan kreatif dalam upaya pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyampaikan pertumbuhan ekonomi Temanggung masuk kategori tinggi di Jateng dan angka tingkat kemiskinan membaik, tingkat pengangguran menurun, dan indeks pembangunan manusia meningkat ke kategori tinggi.

Ia mengatakan, PPD adalah penghargaan paling bergengsi yang diperebutkan oleh seluruh pemkab, pemkot, dan pemprov se Indonesia.

Ini adalah kali ketiga Temanggung mendapatkan penghargaan ini.

Sebelumnya tahun 2019 Temanggung juara 2 nasional, 2020 juara 1 nasional, dan tahun 2023 kembali meraih juara 1 nasional.

Temanggung dinilai terbaik melalui sejumlah rencana kerja dan inovasi yang dimasukan dalam RKPD.

BACA JUGA:Kejari Serahkan Uang Pengganti Kasus Korupsi di PD Aneka Usaha dari Keluarga Terdakwa, ke Pemkab Temanggung

Pertumbuhan ekonomi Temanggung kategori tinggi di Jateng dan terbaik se eks Karesidenan Kedu. Angka tingkat kemiskinan membaik, tingkat pengangguran menurun, dan indeks pembangunan manusia meningkat ke kategori tinggi.

Pengumuman Temanggung sebagai juara 1 nasional ini disampaikan Bappenas RI pada forum Musrenbangnas di Jakarta hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres