Tanamkan Kebersamaan dan Toleransi, Al Kautsar Temanggung Gelar Festival Lintas Jenjang

Tanamkan Kebersamaan dan Toleransi, Al Kautsar Temanggung Gelar Festival Lintas Jenjang

Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq ikut serta menari jaran kepang dalam gelaran Festival Bajasi Al Kautsar Temanggung.-FOTO : HUNI WEJANG-MAGELANGEKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebagai upaya untuk mengajarkan kebersamaan, kepedulian, dan rasa toleransi sejak dini kepada para siswa, Yayasan Al Kautsar Temanggung menggelar Festival Panen Belajar Siswa Lintas Jenjang, Kamis, 18 Mei 2023.

Aksi ini merupakan bentuk kolaborasi lintas jenjang dalam satu yayasan Al Kautsar Temanggung, mulai dari KB/TK, SD, hingga SMP.

Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq menyampaikan apresiasi atas digelarnya festival tersebut.

Ia menilai, kegiatan festival lintas jenjang merupakan suatu kegiatan positif yang menunjukkan bahwa siswa disekolah tidak hanya diajarkan tentang suatu ilmu, tetapi juga dididik untuk menjadi siswa yang berakhlakul kharimah.

BACA JUGA:Hari ke-8, Ketua PKK Temanggung Pantau Dapur Stunting di Dua Desa

"Saya sungguh terkesan mendengar sepotong paparan dari ketua yayasan tadi mengenai sekolah Al Kautsar, mulai dari TK, SD, SMP semuanya sudah menggunakan kurikulum sekolah merdeka, bukan hanya diajari transfer ilmu, tetapi juga diajar untuk bersikap dan dididik menjadi anak-anak berakhlakul kharimah, profesional, cerdas, dan tentunya tanggap dengan lingkungan," tuturnya.

Selain itu, festival tersebut juga dinilai sebagai upaya untuk menunjukkan keunggulan dan ciri khas sekolah yang tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan sekolah kedepannya.

BACA JUGA:32 Biksu Thudong Tak Minta Kemewahan Saat Menginap di Magelang

"Ke depan setiap sekolah harus punya ciri khas dan keunggulan tertentu yang tidak dimiliki sekolah lain.

Mungkin satu sekolah hebat karena bahasa multilingualnya, sekolah lain pendidikan agamanya, lainnya karena pendidikan seni budayanya dan lain-lain. Jadi harus tematik, setiap sekolah punya keunggulan masing-masing," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Kautsar, Mohamad Kurniawan mengatakan, Festival Panen Belajar Siswa merupakan suatu bentuk untuk menunjukkan kepada orang tua siswa bagaimana para siswa berkolaborasi dan berproses sebagaimana bagian dari kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Call Center 112 Kabupaten Magelang Terus Disosialisasikan

Selain itu juga untuk memberikan ruang ekspresi bagi siswa sesuai bakat dan minat masing-masing.

"Siswa di sini dari KB/TK, SD, SMP bisa berkolaborasi, bisa berkarya dijadikan satu. Ini agar kakak kelas, adik kelas terus bisa berinteraksi dan akan menjadi tradisi di Al Kautsar," ungkapnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres