Di Tempat ini, Bisa Menikmati Jajanan Tradisional dan View Pegunungan

 Di Tempat ini, Bisa Menikmati Jajanan Tradisional dan View Pegunungan

BOJASARI. Wisata Pasar Lawas Kumandang Bongkotan Bojasari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. (foto: istimewa)-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Berbeda dengan pasar pada umumnya, Pasar Lawas Kumandang tawarkan sajian kuliner tradisional dan wahana bermain. Letaknya di Dusun Bongkotan Desa Bojasari Kertek Wonosobo.

Selain suasana pasar yang tak biasa, kamu dapat menikmati keindahan Bukit Candi Bongkotan dan view pegunungan di sana.

Berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Wonosobo, setelah masuk di lokasi wisata, kamu akan mendapati desain pasar yang antik.

Selain itu, kuliner yang disajikan di sana adalah jajanan tradisional dan beragam rupa. Kamu bisa cicipi tempe mendoan, kelepon, onde-onde, lemper, serabi, dan lain-lain.

BACA JUGA:Ngeri! Truk Tangki Rem Blong di Jalur Tengkorak Sambar 5 Kendaraan, 2 Orang Tewas

Pasar wisata inovasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Syailendra Dusun Bongkotan ini memiliki nama Pasar Lawas Kumandang.

Menurut Ketua Pokdarwis, Ahmad Wahyono, sebutan 'lawas' itu memiliki maksud tersendiri.

"Nama Lawas itu karena memang konsep yang digarap dari awal tradisional, mendirikan gazebo-gazebo untuk berjualan. Terus sajian kuliner tradisional, meskipun seiring berjalannya waktu kita juga akan menyediakan ragam makanan kekinian," terang Wahyono saat ditemui wawancara pada hari Jumat, 19 Mei 2023.

Uniknya, belanja jajanan di sana kamu bisa menggunakan keping. Caranya kamu perlu menukarkan rupiah di area loket untuk mendapatkan beberapa keping sebagai alat transaksi.

Keping terbuat dari tempurung kelapa, bentuknya bulat dan terdapat lubang ditengahnya, semacam uang logam tempo dulu. Nilai per keping sekitar Rp2 ribuan.

"Sejauh ini alat tukarnya masih menggunakan keping, bisa jadi beberapa waktu ke depan konsep itu akan kita ubah. Pembayaran menggunakan tunai rupiah supaya wisatawan tidak bingung," lanjutnya.

Tidak hanya sajian kuliner tradisional dan tampilan gazebo, kamu bisa merasakan sensasi game zone di sana. Ada wahana road race APV, perahu bebek, kolam renang, taman bermain anak-anak, terapi ikan, kebun strawberry, wahana peternakan, dan lain-lain.

Harga tiket masuk saat ini Rp5 ribu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas free Wi-Fi, panggung acara, mushola, toilet, dan spot-spot foto estetik dengan view bukit dan pegunungan.

"Sebenarnya konsep pasar ya sama seperti umumnya, hanya saja kita ingin para pengunjung tidak hanya belanja kemudian pulang. Sehingga kita buatkan wahana dan kita sediakan fasilitas. Untuk itu kita berusaha menyambut baik setiap orang yang ingin belanja sekaligus wisata ke sini," pungkas Wahyono. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres