Agar Tidak Terkena Penyakit Menular, Masyarakat Harus Ikut GERMAS PHBS

Agar Tidak Terkena Penyakit Menular, Masyarakat Harus Ikut GERMAS PHBS

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendukung perilaku sehat yang dapat dilakukan masyarakat.-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Sebagai garda terdepan untuk membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang terus mengkampanyekan GERMAS secara periodik. 

GERMAS sendiri merupakan gerekan serentak dari masyarakat untuk membudayakan hidup sehat sekaligus meninggalkan perilaku dan kebiasaan kurang sehat. 

BACA JUGA:Rombongan Biksu Thailand Sampai Magelang Tanggal 30 Mei

Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Istikomah menjelaskan tujuan dari GERMAS salah satunya untuk menjauhkan masyarakat dari berbagai penyakit baik yang dapat menular maupun tidak. 

“GERMAS sendiri sudah Dinkes rutin lakukan bahkan jauh sebelum adanya pandemi Covid-19,” terangnya saat dihubungi wartawan, Minggu, 28 Mei 2023. 

Tidak hanya itu, maksud lain gencarnya sosialiasi GERMAS juga berupaya untuk mewujudkan masyarakat Kota Magelang yang memiliki kesadaran penuh hidup sehat sehingga mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

BACA JUGA:Brigjen TNI Erwin Djatniko Menjadi Gubernur Akmil yang Baru

Dinkes Kota Magelang, lanjut dr Istikomah melakukan beberapa metode untuk memastikan GERMAS dapat terealisasi dari kelompok sosialiasi paling kecil hingga besar. 

“Kami terus melalukan pendataan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara berkala mulai dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan, mulai dari tataran rumah tangga, tataran sekolah, tataran institusi dan lingkungan kerja telah diberikan pemahaman terkait pentingnya PBHS. 

BACA JUGA:Langkah Lazismu Kota Magelang dalam Memberdayakan Penerima Beasiswa, Garap TPA Binaan

“Tataran ini juga kami kontrol melalui pendataan, dari data tersebut akan terlihat sejauh mana masyarakat sudah menerapkan PHBS,” katanya. 

Ia juga menandaskan meskipun gencarnya PHBS meningkat karena pandemi Covid-19, dirinya berharap gerakan tersebut tidak berhenti begitu saja, tetap bisa terus dibudayakan dan diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:Seleksi Sekda Baru Setengah Jalan, BKPSDM Akan Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres