Tidak Semua Meraih Haji Mabrur, Lalu Seperti Apa Ciri dan Cara Mendapatkannya?

Tidak Semua Meraih Haji Mabrur, Lalu Seperti Apa Ciri dan Cara Mendapatkannya?

Haji Mabrur ilustrasi--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Orang yang mengerjakan ibadah haji berharap meraih predikat haji mabrur. Dan haji mabrur adalah haji yang diterima Allah Ta'ala. Tak ada balasan yang sepadan kecuali orang tersebut akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah.

Ciri haji mabrur yang mudah dikenali adalah bila haji tersebut membawa perubahan pada diri seseorang menjadi lebih baik.

Tidak semua orang yang melakukan ibadah haji mendapatkan haji yang mabrur. Namun begitu kita tetap harus berusaha secara maksimal untuk menambah bekal ilmu yang cukup sehingga bisa mengerjakan amalan-amalan wajib dan sunnah untuk meraih haji mabrur.

BACA JUGA:Bolehkah Menjual Daging Qurban? Simak Keterangan Ulama dan Dalilnya!

Berikut kami sajikan diantara keutamaan haji yang mabrur yang dirangkum dalam kajian online Mahazi HSI :

1. Balasan Surga bagi Orang yang Mendapatkannya

Tak ada balasan yang haji yang mabrur kecuali surga. Artinya seseorang yang meraih haji mabrur akan mendapatkan balasan surga.

Dalilnya, Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda : “Dan Haji yang mabrur tidak ada balasan baginya kecuali sorga” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

2. Diampuni Dosa-dosanya

BACA JUGA:Ingin Awet Muda dan Tidak Pelupa? Rutinkan Membaca Alquran!

Seseorang yang hajinya mabrur maka dosa-dosanya telah diampuni. Dia akan kembali suci seperti bayi yang baru saja dilahirkan dari ibunya.

Dalam sebuah hadits Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam mengatakan :

“Barang siapa yang berhaji karena Allah kemudian dia tidak melakukan rofas dan tidak melakukan kefasikan maka dia akan kembali seperti ketika dia dilahirkan oleh Ibunya” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

3. Haji yang Mabrur adalah Termasuk Amalan yang Paling Afdol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres