Melihat Kemeriahan Gelar Karya Siswa SMA Negeri 5 Magelang

Melihat Kemeriahan Gelar Karya Siswa SMA Negeri 5 Magelang

Para siswa dan siswi SMA Negeri 5 Kota Magelang mengenakan pakaian adat dan tokoh pewayangan Hanoman di sela Gelar Karya Siswa, Rabu 21 Juni 2023.-FOTO : DENDIT TRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Beragam kesenian dan budaya ditampilkan secara apik oleh siswa siswi SMA Negeri 5 Kota Magelang di acara "Gelar Karya Siswa".

Tanpa canggung, ratusan siswa ini berbusana adat dan kesenian tradisional di kompleks SMA Negeri 5 Kota Magelang yang berada di Jalan Barito II, Sidotopo, Magelang Utara, Rabu 21 Juni 2023.

Mereka sukses menampilkan flashmob dan kirab budaya. Siswa juga membawa serta gunungan berisikan hasil bumi berkeliling di Jalan Barito hingga kawasan Sidotopo, Magelang Utara.

Kepala SMA Negeri 5 Kota Magelang, Sucahyo Wibowo mengatakan, Gelar Karya Siswa ini sebagai upaya sekolah untuk mengenalkan kepada para siswa tentang kebudayaan.

"Mereka juga mengimplementasikan budaya kita, sehingga akan mudah tertanam dalam benak para siswa untuk melestarikan kebudayaan kita," kata Sucahyo Wibowo.

BACA JUGA: Ratusan Murid Al Jannah Tampilkan 21 Keragaman Budaya Indonesia

Menurutnya, Kirab Budaya menjadi ciri khas Gelar Karya Siswa yang diadakan secara rutin SMA Negeri 5 Kota Magelang. Gunungan berisikan hasil bumi menjadi manifestasi rasa syukur.


Gunungan diarak keliling kompleks SMA Negeri 5 Magelang dalam Gelar Karya Siswa--

Selain kirab budaya, Gelar Karya Siswa juga diwarnai aksi para siswa dan guru menampilkan tari kreasi seperti Tari Wanara, Ketoprak Wayang Orang, Drama Permainan Tradisional, Soreng, Kubro Siswo, Jathilan, Badui, Kuntulan, Topeng Ireng, Grasak, Gatholoco, dan Kuda Lumping.

"Ada juga Flashmob yang diikuti para siswa dan guru," ujarnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB itu dimulai dari atraksi Flashmob dari para siswa dan guru di kompleks SMA Negeri 5 Kota Magelang.

BACA JUGA:‘Nguri-uri’ Budaya Jawa, Siswa SMKN 2 Magelang Praktik Prosesi Pernikahan Adat pada Gelar Karya P5

Selanjutnya, para siswa menggelar kirab budaya dan berjalan di sekitar kompleks sekolah tersebut. Di barisan terdepan terdapat barisan siswa maupun siswi mengenakan busana Hanoman.

Hanoman merupakan tokoh pewayangan kera putih yang dapat mengalahkan Rahwana, sang raja kejahatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres