Dukung Pemenuhan Gizi Anak, Pemkab Luncurkan Program Isi Piringku

Dukung Pemenuhan Gizi Anak, Pemkab Luncurkan Program Isi Piringku

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryant dan Founder Resourceful Parenting Indonesia, Andyda Meliala saat membuka kegiatan peluncuran Program Isi Piringku PAUD di Kabupaten Magelang.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID  Untuk mendukung pemenuhan gizi anak, Pemkab Magelang meluncurkan Program Isi Piringku.

Isi Piringku merupakan program Pemkab Magelang yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas gizi, termasuk pemenuhan konsep 4 sehat 5 sempurna.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan, Covid-19 telah menyebabkan setiap keluarga harus terus berjuang keras untuk mempertahankan kondisi keuangan mereka.

Hal itu berpengaruh pada pemberian asupan gizi pada anak.

"Selain itu, Program Isi Piringku juga sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar lebih memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi," ungkap Adi.

BACA JUGA:Usai Rusak Akibat Gempa Bantul, Rumah Kakek Mujiono Direhab TNI

Adi mengatakan, pemerintah saat ini tengah fokus menangani kasus stunting dan menjadi program prioritas.

Untuk mewujudkannya, diperlukan pemenuhan gizi bagi masyarakat. Asupan gizi yang seimbang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan untuk mencegah terjadinya stunting.

"Kami memandang, program Isi Piringku mempunyai peran penting dalam pemenuhan gizi seimbang bagi anak agar dapat tumbuh sehat, optimal khususnya di masa pasca pandemi ini," kata Adi.

Selain itu, selama program edukasi Isi Piringku dilaksanakan bisa memberikan gambaran kepada guru PAUD, Kader Kesehatan dan Instansi terkait sebagai mitra pendamping.

BACA JUGA:Wisata Magelang Didorong Mampu Beri Jaminan Kualitas Keamanan dan Keselamatan

Sementara itu, Founder Resourceful Parenting Indonesia, Andyda Meliala menyampaikan bahwa pihaknya telah memilih Kabupaten Magelang sebagai lokasi pelatihan dan pendampingan Program Isi Piringku.

Program Isi Piringku ini akan dilaksanakan mulai hari ini hingga bulan November 2023 mendatang.

Andyda mengatakan dari data yang telah diperoleh pada tahun 2022, jumlah stunting di Kabupaten Magelang di angka 28,2 persen atau tertinggi ke 3 se-Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres