Inilah Lima Amalan Menuju Kampung Akhirat

Inilah Lima Amalan Menuju Kampung Akhirat

Inilah Lima Amalan Menuju Kampung Akhirat--

Sejumlah amalan yang harus kita siapkan dan menuju kampung akhirat adalah :

1. Mengajarkan Ilmu Syar'i

Yang dimaksud adalah ilmu syar'i yang bermanfaat bisa menerangi hati manusia sehingga mengenal agamanya. Ilmu yang  mentauhidkan Allah, hanya beribadah dan menyerahkan ibadahnya hanya kepada Allah yang Maha Esa. Juga mengenal Allah sebagai Zat yang telah menciptakan dan memberikan rezeki untuk manusia.

Juga ilmu yang akan mengarahkan manusia kepada jalan yang lurus, mengetahui kebenaran dan kesesatan, mengetahui halal dan haram.

Dalil banyak disampaikan dalam Alquran maupun dari hadis nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Diantaranya adalah sabda Beliau : “Barangsiapa dikehendaki oleh Allah kebaikan pada dirinya maka ia akan dibuat pandai dalam urusan agamanya”. (HR Bukhari no : 71).

Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman : “Katakanlah !!! Apakah sama antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu.” (QS Az-Zumar:9).

BACA JUGA:Sempurnakan Wudhu Anda dengan 8 Hal yang Disunnahkan dalam Berwudhu

2. Bersedekah Air

Bersedekah air di sini dalam arti yang luas. Di dalamnya meliputi mengalirkan sungai atau mata air, menggali sumur dan di dalamnya termasuk bersedekah untuk membantu kegiatan tersebut.

Ini termasuk amalan jariyah, pahalanya akan terus mengalir selagi masih dimanfaatkan orang lain walaupun orang yang bersedekah air sudah meninggal

3. Membangun Masjid

Masjid adalah tempat kaum muslimin menegakkan shalat di dalamnya, membaca Alquran, kajian, berdzikir, termasuk menjadi tempat kaum muslimin berkumpul dan manfaat-manfaat agung lainnya. Semua pahala tersebut akan dilimpahkan kepada orang yang membangun masjid.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membangun masjid ikhlas karena mengharap wajah Allah, maka Allah akan bangunkan ia rumah di syurga.” (HR Ibnu Majah : 242, dan dihasankan oleh Imam Al-Albani dalam kitab Shahih Ibni Majah : 198).

BACA JUGA:Adab Menjilat Jari Tangan Usai Makan Menurut Islam yang Dicontohkan Rasullullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: