Seminar di SMK Yudya Karya, Wikan: TEFA Harus Disupport

Seminar di SMK Yudya Karya, Wikan: TEFA Harus Disupport

MENINJAU. Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto ST MSc PhD (kanan) saat meninjau tempat praktik siswa SMK Yudya Karya. Foto – ISTIMEWA.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Model pembelajaran Teaching Factory (TEFA) bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat diperlukan. Pembelajarannya pun mengedepankan kolaborasi antara sekolah dan industri.

"Lulusan SMK harus bisa memenuhi kebutuhan dunia usaha, sehingga kurikulum, praktik dan sistem pendidikan harus diselaraskan dengan dunia usaha," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto ST MSc PhD dalam suatu kesempatan.

Model tersebut berorientasi pada tindakan dalam lingkungan belajar di sekolah. Proses pembelajarannya pun dilaksanakan terpadu.

"TEFA harus disupport, kolaboratif oleh seluruh guru mata pelajaran," tandasnya dalam seminar Strategi Menembus Dunia Kerja Bagi Lulusan SMK yang Memiliki Daya Saing.

Seminar tersebut digelar SMK Yudya Karya Magelang pada Selasa 11 Juli 2023 di sekolah setempat. Pesertanya siswa siswi  dan guru SMK Yudya Karya Kota Magelang dan Adhi Yudya Karya Kabupaten Kendal. Termasuk juga kepala SMK negeri dan swasta se Kota Magelang.

"Seminar diadakan dalam rangkaian Dies Natalis Yayasan Yudya Dharma ke 53," kata Waka Kesiswaan SMK Yudya Karya, Drs Pujiono.

Sebagaimana diketahui yayasan yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No 320 Kota Magelang itu berdiri 29 Juni 1970. Usianya SMK Yudya Karya pun kini 53 tahun. Sedangkan Adhi Yudya Karya Kabupaten Kendal berusia 20 tahun.

"Bertepatan dengan tanggal 29 Juni lalu diadakan tasyakuran. Termasuk juga pemotongan hewan kurban, karena 29 Juni lalu bertepatan dengan hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban," tambah Waka Humas Miftah Khusurur SPdi.

Kegiatan seminar ini turut dihadiri ketua, Pembina, dan jajaran Yayasan Yudya Dharma, Kepala SMK Adhi Yudya Karya, segenap guru dan karyawan SMK Yudya Karya Kota Magelang dan Adhi Yudya Karya Kabupaten Kendal.

Saat di SMK Yudya Karya, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto ST MSc PhD sempat meninjau fasilitas yang ada di sekolah. Mereka didampingi Pengurusan Yayasan dan Kepala SMK Yudya Karya, Hardiyanto SH SPd. (rls/man)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: