Pemkab Magelang Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya

Pemkab Magelang Kembali Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat menerima penghargaan KLA Kategori Nindya di Semarang, Sabtu 22 Juli 2023.-ISTIMEWA-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya kembali berhasil diraih Kabupaten Magelang tahun 2023.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto di Hotel Padma, Sultan Agung, Semarang, Sabtu 22 Juli 2023 malam.

Penghargaan tersebut merupakan reward dari Kementerian PPPA atas komitmen Pemkab Magelang dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana.

Sebelumnya Kabupaten Magelang juga telah meraih penghargaan KLA pada tahun 2012 dan 2013 kategori Pratama dan pada 2015 kategori Madya, lalu pada 2017, 2020, 2022 kategori Nindya.

BACA JUGA:Menuju Gerakan Tani Pro Organik, Kementan Genjot Penggunaan Pestisida Nabati

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan, penghargaan KLA Tahun 2023 ini Kabupaten Magelang bisa mempertahankan prestasi dengan meraih kategori Nindya.

Menurutnya, ini sesuatu yang tidak mudah bagi semua komponen terutama Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA) Kabupaten Magelang dalam mempertahankan penghargaan KLA ini.

"Kita semua berharap untuk terus meningkatkan kinerja bersama dari semua lini dalam upaya menjadikan Kabupaten Magelang sebagai Kabupaten Layak Anak yang diharapkan bisa mencapai kategori Utama pada tahun yang akan datang," kata Adi Waryanto.

BACA JUGA:Fakta Candi Borobudur Dikelilingi Danau Purba yang Kering Sejak Tahun 660 M

Untuk diketahui bersama, poin dalam penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak meliputi lima klaster yaitu, Hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus.

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan Penghargaan KLA ini diberikan kepada Kabupaten/Kota yang mempunyai komitmen tinggi dalam mendukung kebutuhan dan perlindungan anak, sehingga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi, motivasi, kekuatan, dan dorongan bagi semuanya untuk menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas.

"Saya berharap daerah yang telah meraih penghargaan ini dapat menjadi pemacu dengan penuh tanggung jawab untuk terus berinovasi, serta dapat menginspirasi dan membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain sehingga Indonesia emas tahun 2045 dapat terwujud," katanya.

BACA JUGA:Terungkap! Konser di Solo Berujung Ricuh Rupanya EO Belum Bayar Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi menyampaikan terima kasih berkat dukungan dari semua pihak kini Kabupaten Magelang mendapatkan Penghargaan KLA kategori Nindya sekaligus mempertahankan prestasi tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres