Terjebak 35 Jam Di Bawah Tanah Tergenang Air, Begini Kondisi 8 Penambang yang Terjebak di Banyumas

Terjebak 35 Jam Di Bawah Tanah Tergenang Air, Begini Kondisi 8 Penambang yang Terjebak di Banyumas

Tim Penyelamat dari Basarnas, SAR, TNI, kepolisian, dan masyarakat diterjunkan untuk mengevakuasi 8 penambang yang terjebak di Pancurendang, Banyumas-FACEBOOK-

BANYUMAS, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Peluang selamat delapan penambang emas di Ajibarang, Banyumas kemungkinan tipis. Masalahnya, mereka sudah terjebak di bawah genangan air setinggi 70 meter, sejak 35 jam yang lalu.

Kendati demikian, tim penyelamat dari SAR dan tim gabungan masih berusaha untuk mengevakuasi delapan penambang emas tersebut.

"Sejak Selasa 26 Juli 2023 pukul 23.00 WIB mereka terjebak di bawah tanah ketinggian 70 meter yang terendam air. Bisa bayangkan kondisi penambang. Tapi kita berdoa masih bisa tertolong," kata Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator (SMC) Adah Sudarsa.

Proses evakuasi ke-8 penambang semakin sukar dilakukan karena air yang menutup lubang galian belum juga surut.

Tim penyelamat mengalami kesulitan jika memaksakan diri melakukan evakuasi di tengah genangan air.

"Kondisi lubang diameter 1 meter dan penuh dengan air keruh. Tentu tim tidak bisa melihat dengan jelas. Justru bisa membahayakan regu penyelamat," ujarnya.

BACA JUGA:8 Penambang Ilegal di Banyumas Terjebak, Saat Ini Proses Evakuasi Masih Dilakukan

Identitas kedelapan penambang emas ilegal di Banyumas ini sudah terungkap.

Mereka adalah Cecep Suriyana (29, Rama Abdur Rohman (38), Ajat (29), dan Mad Kholis (32). Kemudian, Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), dan Mulyadi (40). Seluruhnya merupakan warga Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kronologi kedelapan penambang ini terjebak karena salah satu lubang galian tambang yang terisi air.

Penambang tersebut masuk ke dalam lubang tambang dengan kedalaman yang diperkirakan mencapai 70 meter. Tanpa mereka sadari air masuk melalui lubang galian lain, sehingga membuat para penambang tidak bisa keluar.

Lubang tambang tersebut di setiap sisinya dibatasi dengan kayu-kayu yang difungsikan sebagai tangga dan penguat dinding lubang agar tidak longsor.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Ini Identitas 8 Penambang yang Terjebak di Tambang Emas Ilegal Ajibarang Banyumas

Sementara di dalam lubang tersebut terlihat air yang menetes dari dinding tanah. Di dalam juga ada lampu-lampu yang dipasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: