Gandeng Unisri Surakarta, SMK Bhumi Phala Temanggung Cetak Jiwa Wirausaha Siswa

Gandeng Unisri Surakarta, SMK Bhumi Phala Temanggung Cetak Jiwa Wirausaha Siswa

TANDATANGANI. SMK Mipha Parakan dan UNISRI Surakarta menandatangani kerja sama di bidang kewirausahaan di aula SMK setempat, Rabu, 27 Juli 2023.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Upaya SMK Bhumi Phala mencetak lulusan terbaik terus diupayakan dengan berbagai cara. Bahkan satu-satunya SMK di Bumi Bambu Runcing ini bertekad mencetak wirausahawan dengan menggandeng Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta.

Kerja sama dengan UNISRI ini diharap bisa mencetak siswa yang siap terjun di dunia kewirausahaan.

"Ini baru pertama kali kami lakukan, kerja sama dengan SMK, biasanya kami bekerja sama antar universitas, industri atau lembaga yang lain. Ini merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan," kata Rektor Unisri, Prof Sutoyo usai menandatangani MoU di aula SMK Mipha Parakan, Rabu, 26 Juli 2023.

BACA JUGA:Bupati Temanggung: P3K Digaji dari Dana Masyarakat, Kembalikan Haknya dengan Dedikasi

Ia mengatakan, potensi pengembangan dunia kewirausahaan di tingkat SMK sangat besar dan terbuka lebar, oleh karena itu jalinan kerja sama ini menjadi salah satu bentuk peningkatan kualitas lulusan SMK.

"Dengan SMK Bhumi Phala Parakan ini dalam rangka menindaklanjuti hasil diskusi yang dulu waktu SMK Mipha berkunjung ke Unisri untuk menjalin kerja sama. Ini merupakan jawaban konkrit tindak lanjut untuk melakukan kerja sama, dan ada penandatanganan MoU kerja sama antara SMK Bhumi Phala Parakan dengan Unisri secara formal," katanya.

Ia mengatakan, di SMK itu salah satunya ingin mengembangkan kewirausahaan melalui kurikulum yang tepat agar siswa SMK itu mempunyai jiwa-jiwa kewirausahaan.

"Materi kurikulum ini nanti menjadi bagian yang akan kita bahas antara SMK dan Unisri, dan kebetulan Unisri juga sudah punya instruktur-instruktur kewirausahaan yang sudah bersertifikat. Supaya nanti kurikulum yang ada di SMK ini diolah bareng agar sesuai dengan apa yang diharapkan," imbuhnya.

BACA JUGA:F-PPP DPRD Minta Pemkab Temanggung Permudah Perizinan UMKM

Kepala SMK MIPHA Parakan, Slamet Purwanto mengatakan kerja sama SMK MIPHA Parakan dengan Unisri ini terkait dengan kewirausahaan dalam upaya menggali potensi dari anak didiknya.

"Kita sadar bahwa pondasi ekonomi Indonesia itu ditopang oleh kekuatan-kekuatan besar, tetapi kita harus tumbuh dari hal-hal yang kecil. Jadi kita menyiapkan di SMK Bhumi Phala ini anak-anak yang bisa berwirausaha dan mandiri secara ekonomi serta pengembangan di level UMKM, dan nanti bisa ke arah yang lebih yaitu menjadi seorang pengusaha meskipun tingkatnya baru rintisan," tegasnya.

Ia mengatakan, kewirausahaan ini yang pertama menjadi pembahasan dan kolaborasikan dengan Unisri, yang pertama adalah pengembangan konsep. Karena dari pemetaan yang ada itu banyak sekali yang bisa dikembangkan.

"Terutama dari masyarakat sekitar Temanggung sendiri, jadi tidak hanya melulu tentang perdagangan. Melainkan ada digital marketing, pengembangan desain komunikasi visual, dan juga pengembangan-pengembangan yang lainnya," pungkasnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres