Ganjar Pranowo Siap Ramaikan Tour de Borobudur XXIII 2023

Ganjar Pranowo Siap Ramaikan Tour de Borobudur XXIII 2023

Gubernur Ganjar Pranowo saat peluncuran TdB XXIII 2023, beberapa waktu lalu. Foto: ist--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.IDGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal turut meramaikan Tour de Borobudur (TdB) XXIII 2023, Minggu, 6 Agustus 2023 mendatang.

Kehadiran Ganjar diyakini menjadi magnet tersendiri bagi even olahraga sepeda balap yang mengangkat tema Unity in Diversity ini.

Tidak hanya bagi para peserta, tapi juga bagi masyarakat lokal yang memang mengidolakan figur pemimpin yang dikenal dekat dengan masyarakat ini.

TdB XXIII 2023 diagendakan akan finish di sekitar Candi Borobudur. Masyarakat Magelang, khususnya yang ada di sekitaran candi, sepertinya sudah tak sabar lagi menanti TdB XXIII 2023 ini.

Event ini digadang akan mampu mendongkrak perekonomian daerah karena masyarakat akan ikut ketiban rezeki.

Salah satu pelaku wisata di Kabupaten Magelang, Pradana, mengaku antusias dengan event TdB XXIII 2023. Menurutnya, TdB bisa menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur. 

“Harapanya, mereka nggak sekedar ikut even saja. Sebisa mungkin menikmati alam Borobudur dan keramahan masyarakat lokal sekitar,” tutur pria yang akrab disapa Dana itu, Rabu, 2 Agustus 2023.

Even TdB tahun lalu juga dinilai sukses membangkitkan perekonomian masyarakat. Begitu pula tahun ini, banyak peluang yang kembali bisa ditangkap oleh masyarakat sekitar. Mulai dari pengusaha homestay, kuliner, pengelola wisata, sampai pelaku wisata penyedia jasa VW tour.

“Karena bicara Borobudur itu bukan hanya candi. Borobudur memiliki UMKM, sunrise yang indah, sentra pengrajin, makanan lokal yang enak, dan masyarakat yang hangat,” tuturnya.

Dirinya menyadari, perkembangan event sport tourism di Kabupaten Magelang tidak lepas dari peran Gubernur Ganjar Pranowo. Ia juga punya kenangan tidak terlupakan saat timnya membawa Ganjar jalan-jalan menggunakan mobil VW. “Saya juga suka cara beliau memimpin Jawa Tengah,” imbuhnya.

Senada disampaikan Kabid UMKM Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Magelang Hery Purwanto. Gelaran TdB mampu membangkitkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Magelang. “Dampaknya positif. Roda perekonomian akan jalan,” terangnya.

Event ini menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM menunjukkan kualitasnya. Baik dari sisi rasa maupun kemasannya. Produk-produk mereka pun bisa dinikmati dan menjadi alternatif oleh-oleh peserta TdB. Bahkan bagi UMKM unggulan, bisa berpeluang menjadi peserta stan pameran.

“Perkembangan UMKM memang bergantung dari sektor-sektor lainnya, seperti sektor pariwisata maupun acara sport tourism,” imbuhnya.

Hery menyebutkan, Kabupaten Magelang adalah gudang UMKM. Setiap tahun, jumlahnya bertambah. Angkanya dinamis. Tapi saat ini, jumlah UMKM yang terdata mencapai 87.000 usaha. Jumlah ini diperkirakan terus bergerak dengan pendataan yang semakin masif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: