Budaya Toleransi di Kota Magelang Sudah Semakin Berkembang ke Arah Positif

Budaya Toleransi di Kota Magelang Sudah Semakin Berkembang ke Arah Positif

Ilustrasi toleransi antar pemeluk agama--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Budaya toleransi di Kota Magelang semakin berkembang ke arah positif. Hal itu tidak lepas dari peranan seluruh stakeholders yang rajin memberi masukan kepada Pemkot Magelang agar senantiasa menjaga plularisme menjadi semangat persatuan dan kesatuan.

Demikian dikatakan Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang YIG Marjinugroho usai menghadiri diskusi untuk evaluasi capaian indeks kota toleran (IKT) belum lama ini.

Kata legislator tersebut, Indeks Kota Toleran (IKT) di Kota Magelang terus mengalami perkembangan yang bagus. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa sektor yang mulai menerapkan sistem toleransi antarpemeluk agama.

Marjinugroho mengakui bahwa dirinya memang yang paling vokal soal penerapan toleransi di Kota Magelang di berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan.

Di mana pada tahun 2022 silam, sempat terjadi kesalahpahaman tentang penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Cerdas yang diterapkan di salah satu sekolah negeri, mengharuskan kemampuan calon peserta didik menguasai ilmu agama tertentu.

"Tapi sekarang saya bersyukur karena mekanisme PPDB Cerdas tahun 2023 ini sudah berjalan adil dan menerapkan toleransi yang kita harapkan," kata Marjinugroho, Minggu 13 Agustus 2023.

BACA JUGA:Kampung Religi Kota Magelang Jadi Sorotan Diskusi Sarasehan Kebangsaan

Menurutnya, toleransi adalah tanggung jawab bersama sesuai tafsiran Pancasila. Oleh karenanya, sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk saling menghargai antarpemeluk agama tanpa dikotomi apapun.

"Kita semua tahu bahwa hak individu dilindungi undang-undang. Termasuk hak beragama ini sehingga negara wajib melindungi hak-hak tersebut. Tidak ada dikotomi antarpemeluk agama, mau itu mayoritas maupun minoritas statusnya sama," ungkapnya.

BACA JUGA:Kota Magelang Peringkat 16 Porprov Jateng 2023, Walikota : Atlet dan Pelatih Sudah Berjuang Maksimal


Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang YIG Marjinugroho--

Seperti diberitakan, Pemkot Magelang berupaya keras untuk bisa mempertahankan predikat sebagai Kota Tertoleran di Indonesia.

Untuk diketahui pada tahun 2021 lalu, Indeks Kota Toleran (IKT) Kota Magelang berada di posisi keenam tingkat nasional yang kemudian turun ke peringkat 10 besar.

Keseriusan Pemkot Magelang untuk kembali peringkat teratas IKT tahun 2023 diwujudkan dengan membentuk Satgas Kota Toleran dan juga melakukan evaluasi setiap kebijakan tentang toleransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres