Jaga Ekosistem, Siswa SMK Mipha Parakan Tebar Ribuan Benih Ikan di Sungai Galeh Temanggung

Jaga Ekosistem, Siswa SMK Mipha Parakan Tebar Ribuan Benih Ikan di Sungai Galeh Temanggung

TEBAR. Ratusan pelajar SMK MIPHA Parakan menebar benih ikan di Sungai Galeh.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - SMK Bhumi Phala Parakan, menebar 12.000 benih ikan di Sungai Galeh Parakan Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu 12 Agustus 2023.

Penebaran benih ikan ini diharapkan mampu menjaga ekosistem air di sepanjang Sungai Galeh.

Kepala SMK MIPHA Parakan Slamet Purwanto mengatakan, ribuan benih ikan ini merupakan sumbangsih dari sekolah dan partisipasi siswa.

Penebaran benih ikan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan, terutama sungai yang selama ini menjadi salah satu sumber penghidupan.

BACA JUGA:Tanamkan Jiwa Nasionalis, SMK Mipha Temanggung Kibarkan Bendera Raksasa di Jembatan Sangkil

"Manfaat sungai ini sangat besar bagi penghidupan, jadi sudah wajib hukumnya untuk dirawat," katanya.

Ia mengatakan, tidak hanya lingkungan sungai saja yang wajib dijaga, melainkan ekosistem di sungai juga wajib dipertahankan, sehingga fungsinya bisa tetap terjaga dengan baik.

"Siswa memang kami ajak langsung untuk menebarkan benih ikan, biar mereka tahu kalau ekosistem sungai itu juga wajib dipertahankan," ujarnya.

Waka Kesiswaan SMK MIPHA Parakan Eko Suseno menambahkan, belum banyak masyarakat yang tahu akan manfaat sungai bagi kehidupan. Oleh karena itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan kalangan anak muda serta pelajar, sehingga lingkungan serta ekosistem sungai bisa terus terjaga Selama ini lanjutnya, tidak sedikit masyarakat yang mengais rezeki dari sungai dengan mencari ikan serta manfaat lainnya. Namun tidak diimbangi dengan perawatan ekosistem sungai.

BACA JUGA:Ketua KPU Temanggung: Pemilu Bukan Hanya Perebutan Kekuasaan

"Ikan hanya menjadi salah satu ekosistem di sungai, masih banyak faktor lainnya yang wajib dijaga," katanya.

Ahmad salah satu siswa menuturkan, sejauh ini dirinya memang belum memahami dengan baik akan ekosistem sungai, yang jelas bagi dirinya sungai harus terjaga dengan baik.

"Sungai jangan sampai menjadi tempat pembuangan sampah, sungai harus tetap terjaga dengan baik," harapnya.

Ia mengaku akan berusaha memberikan pemahaman kepada teman sebaya dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya untuk tetap menjaga dengan tidak membuang sampah di sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres