Ketua KPU Temanggung: Pemilu Bukan Hanya Perebutan Kekuasaan

Ketua KPU Temanggung: Pemilu Bukan Hanya Perebutan Kekuasaan

KIRAB. Bupati Temanggung M Al Khadziq didampingi jajaran pejabat KPU dan Ketua DPRD Temanggung melepas peserta Kirab Pemilu di Pendopo Pengayoman, Sabtu, 12 Agustus 2023-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemilu semata-mata bukan sekadar arena perebutan kekuasaan tetapi semangat kemerdekaan, yaitu menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung M Yusuf Hasyim, Sabtu, 12 Agustus 2023, saat penyerahan kirab bendera peserta Pemilu 2024 dari KPU Kota Magelang kepada KPU Temanggung di Pendopo Pengayoman Temanggung.

Yusuf mengatakan, kirab pemilu di Kabupaten Temanggung tepat dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, sehingga momentum ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk semakin memperkuat tali persaudaraan dan persatuan serta cinta tanah air dan bangsa.

BACA JUGA:Porprov Jateng XVI Pati Raya: Pemuda Keturunan Papua Sumbang Emas untuk Temanggung

Menurutnya, Kirab Pemilu ini merupakan agenda nasional, makna yang bisa diambil adalah dari kirab yang mengelilingi kabupaten/kota se-Indonesia.

Ini sesuai dengan tujuan dilaksanakan Pemilu 2024, yaitu Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Disampaikan, selain memberikan informasi dan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024, kegiatan kirab ini juga sebagai salah satu rangkaian memperingati HUT RI ke-78.

Ia menyebutkan dengan melaksanakan pawai mobil partai peserta pemilu mengelilingi kecamatan-kecamatan di Kabupaten Temanggung, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan sosialisasi bahwa Kabupaten Temanggung siap melaksanakan pemilu yang berintegritas.

Yusuf menuturkan rangkaian kirab pemilu di Kabupaten Temanggung pada 12-18 Agustus 2024, dengan sasaran antara lain pemilih pemula, kemudian disabilitas di Penganthi dan Sentra Terpadu Kartini, keramaian di Pasar Parakan dan Pasar Ngadirejo.

BACA JUGA:Satgas: Terjadi Kenaikan Berat/Tinggi Badan, Balita Sasaran Stunting di Temanggung

Sementara itu Bupati Temanggung M Al Khadziq usai melepas peserta kirab mengatakan, kesadaran masyarakat Temanggung terhadap Pemilu sangat tinggi. Hal ini ditunjukan dengan tingkat partisipasi pemilu di Temanggung cukup tinggi yakni di atas angka 80 persen.

Oleh karena itu Bupati mengajak, pada Pemilu 2024 mendatang, masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga pemilu di Kabupaten Temanggung bisa semakin baik.

"Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat Temanggung nanti memberikan hak pilihnya agar partisipasi politik di Kabupaten Temanggung nanti angkanya bisa tinggi," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres