Satgas: Terjadi Kenaikan Berat/Tinggi Badan, Balita Sasaran Stunting di Temanggung

Satgas: Terjadi Kenaikan Berat/Tinggi Badan, Balita Sasaran Stunting di Temanggung

TINJAU. Satgas Stunting Temanggung melakukan monitoring dan evaluasi di salah satu desa di Kecamatan Ngadirejo. -Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ketua Satgas Stunting Djoko Prasetyono mengatakan, pada periode bulan Juli 2023 hasil pencatatan yang masuk didapat angka rata-rata 85 persen terjadi kenaikan berat badan, tinggi badan balita sasaran stunting.

Data tersebut katanya, berdasarkan laporan oleh Satgas Stunting tingkat desa, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi dan angkanya terdapat kenaikan.

Menurutnya, pada tanggal 12 Agustus 2023 program pemberian makan tambahan (PMT) selama jangka waktu 90 hari tanpa henti, telah selesai pelaksanaannya.

Dan selanjutnya pada tanggal 13, 14 dan 15 Agustus dilaksanakan penimbangan dan pelaporan perkembangan kenaikan tinggi/berat badan, dan perkembangan lingkar lengan bagi ibu hamil.

BACA JUGA:Tanamkan Jiwa Nasionalis, SMK Mipha Temanggung Kibarkan Bendera Raksasa di Jembatan Sangkil

"Prosesnya berjalan dengan baik, sehingga terjadi peningkatan atau kenaikan berat badan, tinggi badan balita sasaran stunting, Kita semua, tentunya sangat berharap pengukuran bulan Agustus didapat angka kenaikan yang signifikan dengan akurasi pelaporan yang dapat dipertanggung jawabkan," kataya.

Ia mengatakan, satgas stunting kabupaten tentunya sangat memahami banyak kendala dalam pelaksanaannya. Namun secara umum, berkat kerja sama kades, bidan desa dan para kader/relawan tingkat desa di bawah koordinasi dari camat, kepala puskesmas dan koordinator penyuluh KB dapat teratasi.

"Kepada kepala desa, ketua satgas stunting tingkat desa, semua kader kesehatan, bidan desa, atas pengabdian dan kerja keras melakukan penanganan stunting di Kabupaten Temanggung,"ucapnya.

BACA JUGA:Krisi Air Bersih di Temanggung Makin Meluas, Desa-Desa Mulai Minta Bantuan

Ia menambahkan, pelaksanaan penanganan stunting telah memasuki hari ke-87 dari 90 hari program PMT kepada anak-anak balita dan ibu hamil. Sedangkan monitoring merupakan monitoring ke-46 desa dengan 12 tim, dengan target 289 desa/kelurahan di Kabupaten Temanggung. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres