PKM Dosen Untidar Gandeng SLB Kota Magelang Kembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital

PKM Dosen Untidar Gandeng SLB Kota Magelang Kembangkan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Tim PKM Dosen Untidar di SLB Negeri Kota Magelang menggagas kerja sama tentang media pembelajaran berbasis digital-Shefa Dwijayanti Ramadani-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES-- Untuk mengatasi masalah pembelajaran sains dan kebutuhan teknologi digital, Tim PKM Dosen Universitas Tidar (Untidar) menggandeng Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Magelang, dalam rangka mengembangkan media pembelajaran berbasis digital.

Pengabdian Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peran Perguruan Tinggi dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tim Pengabdian yang dilakukan oleh tiga dosen Universitas Tidar (Untidar) menyadari bahwa pembelajaran yang berkualitas perlu terus diupayakan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sebab, sebagaimana siswa lainnya yang lebih beruntung, ABK juga tetap dapat menjawab kebutuhan global dan tantangan perkembangan zaman.

BACA JUGA:Berbekal Sertifikasi Kompetensi, Milenial Jebolan Kementan Siap Masuki Dunia Kerja

Tim yang diketuai oleh Shefa Dwijayanti Ramadani MPd serta anggotanya yaitu Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum MSc dari Fakultas KEguruan dan ILmu Pendidikan (FKIP) dan  Restu Rakhmawati SKom MKom dari Fakultas Teknik (FT) bermitra dengan SLB Negeri Kota Magelang untuk mengatasi masalah pembelajaran sains dan kebutuhan teknologi digital bagi siswa ABK.

Namun kerja sama ini dilakukan dengan cara mengembangkan aplikasi pembelajaran yang memuat konten pembelajaran animasi.

Alasannya karena pembelajaran animasi lebih sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa ABK di era Merdeka Belajar.

"Siswa ABK perlu memperoleh pengalaman belajar melalui sumber belajar digital yang berkualitas, menarik, kontekstual, dan inovatif seperti halnya siswa regular pada umumnya. Dengan begitu, anak akan terdorong prestasi belajar dan pengembangan soft skillsnya untuk meraih Pendidikan yang lebih baik pada jenjang berikutnya," kata Shefa Dwijayanti Ramadani.


Kegiatan tim PKM Dosen Untidar-Shefa Dwijayanti Ramadani-MAGELANG EKSPRES

BACA JUGA:Dosen Teknik Mesin Untidar Ajak Santri Ngaji Teknologi

Untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh mengenai potensi dan kebutuhan mitra, tim PKM Untidar menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada 21 Juli 2023 lalu bersama tim pelaksana yang terdiri atas dosen dan mahasiswa beserta Kepala Sekolah dan dewan guru SLB Kota Magelang.

Melalui aspirasi yang disampaikan oleh pihak guru dalam FGD tersebut, tim memperoleh masukan yang berharga untuk perancangan isi konten pembelajaran agar sesuai dengan karakteristik siswa ABK. Mulai dari pemilihan topik esensial, kedalaman, dan cara penyajiannya.

Kepala SLB Kota Magelang juga memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas kolaborasi dalam program ini sehingga akan dihasilkan inovasi pembelajaran bagi dunia Pendidikan khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres