10 Profesi yang Tidak Akan Tergantikan AI, Kemampuan Manusia Tetap Mutlak

10 Profesi yang Tidak Akan Tergantikan AI, Kemampuan Manusia Tetap Mutlak

10 Profesi yang Tidak Akan Tergantikan AI, Kemampuan Manusia Tetap Mutlak-Kentoh-Getty Images

MAGELANG EKSPRES -- Ketahui bahwa ada beberapa profesi yang tak akan tergantikan artificial intelligence (AI). Khusus profesi-profesi ini tetap membutuhkan sentuhan tangan manusia.

Beberapa tahun terakhir, kecerdasan buatan atau yang akrab disebut artificial intelligence (AI) kerap menjadi topik perbincangan. Bagaimana tidak kehadirannya dipercaya mampu menggeser bahkan menggantikan pekerjaan manusia.

Kecerdasan buatan diciptakan untuk menyelesaikan masalah kognitif yang berhubungan dengan kecerdasan manusia.

Adapun tugas pekerja yang dapat digantikan oleh AI adalah pekerjaan yang cenderung monoton dan predictable, seperti pengemudi mobil, customer service, akuntan, dan lain-lain.

Di negara Jepang misalnya, AI bertugas sebagai juru masak dan pelayanan untuk menghantarkan pesanan ke meja pelanggan, bahkan di China mudah kita jumpai taxi auto pilot.

Dengan kata lain perkembangan AI yang kian masif berpeluang besar untuk menggantikan profesi di berbagai bidang terutama pekerjaan yang hanya mengandalkan tenaga.

BACA JUGA:HEBAT! Ini Cara Mahasiswa Untidar Hadang Gempuran Kecerdasan Buatan atau AI

Lantas apasajakah yang tidak dapat digantikan oleh AI? Jawabannya adalah pekerjaan yang memiliki memiliki “sanse of humanity” AI tidak dapat memberikan sentuhan sisi kemanusiaan seperti kreativitas, emosi, dan berfikir kritis.

Berikut ini merupakan 10 pekerjaan tidak akan terganti dengan AI :

1. Programmer

Programmer merupakan seseorang yang bertanggung jawab membuat program seperti hardware ataupun software.

Kecerdasaan buatan adalah hasil pemrograman yang diproduksi manusia. Dengan kata lain seorang programmer adalah otak dari AI yang mampu memperbaiki, dan mengembangkan AI.

Sebagai pencipta AI kecil kemungkinan profesi ini digantikan oleh AI itu sendiri.

2. Atlet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: