Temanggung Targetkan 11.236 Siswa Dapatkan Imunisasi Campak dan Rubella di Tahun 2023

Temanggung Targetkan 11.236 Siswa Dapatkan Imunisasi Campak dan Rubella di Tahun 2023

VAKSIN. Petugas kesehatan sedang memberikan vaksin kepada seorang anak di salah satu sekolah di Temanggung.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG,MAGELANG EKSPRES - Pemerintah Kabupaten TEMANGGUNG melalui Dinas Kesehatan setempat menargetkan 11.236 siswa sebagai sasaran imunisasi campak dan rubella di tahun 2023 ini.

Kepala Bidang P2P, Dinkes Temanggung, Dokter Sarjana mengatakan pada kegiatan ini target pemberian imunisasi campak dan rubella di Temanggung sebanyak 11.236 siswa. Pelaksanaan imunisasi dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah.

"Imunisasi MR diberikan khusus untuk anak kelas satu guna mencegah penyakit tetanus, difteri, campak, rubella. Sementara imunisasi HPV diberikan pada anak kelas 5 dan 6 untuk mencegah kanker leher rahim yang dapat menyebabkan disabilitas dan kematian," katanya, Selasa, 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:Terlibat Kecelakaan, Wakil Bupati Temanggung Alami Patah Kaki dan Tangan

Ia mengatakan, vaksin ini sangat penting dan dibutuhkan oleh anak-anak, sehingga semua anak wajib mendapatkannya.

Dinkes Temanggung mengimbau kepada para orang tua turut aktif untuk memastikan anaknya mendapat vaksinasi lengkap.

"Dengan vaksinasi lengkap ini untuk mendukung tumbuh kembang yang sehat dan kuat pada anak," imbuhnya.

Pelaksanaan vaksin akan diberikan selama Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

BACA JUGA:Petani Tembakau di Kledung Temanggung Mulai Panen, Tapi Soal Harga Masih Belum Ada Kepastian

"Untuk kegiatan hari ini adalah vaksinasi MR yang kita berikan untuk anak kelas satu, baik laki-laki maupun perempuan," kata Tim Vaksinator dari Puskesmas Kecamatan Temanggung, Sumaryati.

Ia mengatakan, selain imunisasi MR, pihaknya juga melakukan imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) pada anak kelas 5 dan 6.

"Kemudian untuk kelas 5 dan 6 kita berikan vaksin HPV yang digunakan untuk mencegah terjadinya kanker servik pada wanita, jadi untuk kelas 5 dan 6 ini kita berikan khusus untuk wanita saja," imbuhnya.

Kepala Sekolah SDN 2 Jampiroso, Kusnadi menyambut baik program pemberian imunisasi MR dan HPV ini. Dengan demikian, anak didiknya mendapat kekebalan tubuh guna mendukung proses belajar mengajar selama bersekolah.

BACA JUGA:Santri Ponpes Al Musthofa Tebu Ireng di Temanggung Upacara Bendera Pakai Sarung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres