Raih Hattrick Nirwasita Tantra, Kota Magelang Sukses Jaga Lingkungan Bebas Polusi

Raih Hattrick Nirwasita Tantra, Kota Magelang Sukses Jaga Lingkungan Bebas Polusi

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Jakarta.-PROKOMPIM-KOTA MAGELANG

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2022. Penghargaan dari Kementerian Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia itu diberikan kepada Pemkot Magelang, sebagai apresiasi pengelolaan lingkungan yang baik.

"Harapan kami penghargaan ini dapat memotivasi warga maupun pemkot agar selalu bersama menjaga. Kedepan kita harus lebih baik lagi, kita bersama menjaga kolaborasi untuk menjaga lingkungan hidup di Kota Magelang," kata Aziz, saat dihubungi, Rabu 30 Agustus 2023.

Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Muchamad Nur Aziz di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2023 lalu.

Menurut Aziz, Nirwasita Tantra 2022 adalah penghargaan yang diberikan atas pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di Kota Magelang.

BACA JUGA:Hebatnya PKM Untidar Magelang Ini Latih Siswa SD Sulap Sampah Jadi Kompos

Hingga saat ini, Pemkot Magelang telah mendapatkan 3 kali penghargaan Nirwasita Tantra secara berturut-turut. Prestasi ini diberikan karena Pemkot Magelang berhasil menjaga pengelolaan lingkungan hidup dengan baik.

Tidak hanya Pemkot Magelang, namun para legislatornya juga mendorong upaya maupun pengawasan terhadap isu-isu tentang lingkungan hidup.

"Selain mempertahankan prestasi, kita juga ingin adanya inovasi-inovasi yang menjadi arus utama dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik di Kota Magelang," imbuh Aziz.

BACA JUGA:DPRD Minta DLH Kota Magelang Segera Ajukan Draft Raperda Masalah Sampah

Sekretaris Jenderal KLHK RI, Bambang Hendroyono memaparkan, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah maupun pimpinan DPRD atas kepemimpinan penyelenggara pemerintah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan.

Terutama menyangkut program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, kata dia, adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 didasarkan pada penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun pada tahun 2022.

"Oleh karena itu penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) menjadi bagian dari pijakan untuk pelaksanaan dan pengembangan pengelolaan lingkungan hidup," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres