Gubuk Bhavana, Bentuk Pengabdian PPK Ormawa HMIK UNTIDAR membangun Desa Cerdas

Gubuk Bhavana, Bentuk Pengabdian PPK Ormawa HMIK UNTIDAR membangun Desa Cerdas

Tim HMIK Ormawa UNTIDAR-Hendri Saputra/Magelang Ekspres-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG,MAGELANGEKSPRESGubuk Bhavana merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa HMIK Universitas Tidar MAGELANG.

Gubuk Bhavana ini adalah sebuah program pembuatan rumah literasi atau perpustakaan yang berada di Desa Ngepanrejo, Bandongan, Kabupaten Magelang.

Maria Indah Freshintia selaku ketua PPK Ormawa HMIK Universitas Tidar  menjelaskan bahwa Gubuk Bhavana ini bertujuan untuk membangun Desa cerdas yang salah satunya menjunjung tinggi ilmu pengetahuan serta literasi yang ada di masyarakat, khususnya di Desa Ngepanrejo.

BACA JUGA:Teror Hantu Tanpa Kepala di Blondo Magelang Usai Peristiwa Kecelakaan Bus Sumber Waras

“Gubuk Bhavana ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Ngepanrejo dalam membantu menumpuk pendidikan di tingkat SD, SMP bahkan SMA” imbuh Maria.

Perlu diketahui bahwa Gubuk Bhavana ini memiliki arti yaitu Gubuk yang bermakna rumah dan Bhavana bermakna pengembangan.

Maria juga menjelaskan bahwa Gubuk Bhavana ini sebagai sarana untuk terus memotivasi  warganya meningkatkan pendidikan yang lebih baik.

Nur Hakim selaku Kepala Desa Ngepanrejo menerangkan dirinya dan masyarakat sangat berterima kasih kepada PPK Ormawa HMIK Universitas Tidar.

BACA JUGA:Tragedi Kelam di Magelang, Kecelakaan Bus Sumber Waras Tewaskan 35 Penumpang

“Saya sangat berterima Kasih kepada PPK Ormawa HMIK Universitas Tidar, Berkat adanya program ini diharapkan warga akan lebih melek dan termotivasi untuk terus belajar” ujar Nur Hakim.

Gubuk Bhavana ini telah diresmikan pada tanggal 30 Agustus 2023.

Joko Prayitno yang merupakan perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang ketika peresmian menerangkan bahwa angka anak tidak sekolah di Kabupaten Magelang sangat tinggi dan berharap program ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat Desa Ngepanrejo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres