6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

Gerbang Akademi Militer di Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang--GOOGLE MAPS

Chandradimuka merupakan pendidikan dasar integrasi antara taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. Pendidikan dasar ini memiliki tujuan untuk menjadikan calon para pemimpin TNI Polri bisa saling mengenal satu sama lain.

Candradimuka sendiri merupakan tempat untuk penggemblengan diri pribadi agar menjadi orang yang memiliki karkater pribadi yang kuat, terlatih dan tangkas dalam cerita wayang Mahabarata.

Candradimuka merupakan tempat dimana Gatotkaca di rebus oleh para Dewa, sehingga memiliki tubuh dan tulang kerasnya seperti besi, ototnya seperti kawat, kebal terhadap segala senjata dan dapat terbang tinggi di kayangan.

Penamaan resimen ini juga tidak lain tujuannya untuk menyamakan lulusan Resimen Chandradimuka dengan kesatria-kesatria tangguh dalam tokoh perwayangan.

Resimen Chandradimuka atau biasa disingkat menchandra dilaksanakan oleh taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian setelah mereka dinyatakan lulus terpilih dalam seleksi penerimaan calon anggota TNI dan Polri.

Integrasi ini dilaksanakan selama tiga bulan di Akademi Militer, Magelang bertujuan untuk mengubah taruna dari masyarakat sipil menjadi Prajurit TNI dan Bhayangkara Polri.

5. Rindam IV/Diponegoro


Rindam IV/Diponegoro Magelang-TANGKAPAN LAYAR-GOOGLE MAPS

Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro atau Rindam IV/Diponegoro adalah Komando pelaksana yang bertugas menyelenggarakan Pendidikan Pertama Bintara/Tamtama, Diktuk Ba Reguler dan Dikspes Ba/Ta.

Selain itu juga menyelenggarakan dan memberikan asistensi latihan kepada satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Pengajar, Pengawas, pengembangan/pengaturan Daerah latihan di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta serta membantu Pengajar pembinaan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Markas Komando Rindam IV/Diponegoro bermarkas di Jalan Pahlawan No. 133, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang.

BACA JUGA:Wasrik Evaluasi Rindam IV/Diponegoro

Markas Komando Rindam IV/Diponegoro di Magelang membawai antara lain:

  • Sekolah Calon Tamtama di Gombong, Kebumen
  • Sekolah Calon Bintara di Magelang
  • Depo Pendidikan Latihan Tempur di Klaten
  • Depo Puslatpur Dodiklatpur di Paliyan, Gunungkidul
  • Depo Pendidikan Kejuruan di Magelang
  • Depo Pendidikan Bela Negara di Magelang

Tugas pokok Rindam adalah untuk membantu menyelenggarakan latihan dan pendidikan bagi seluruh jajaran Kodam guna menghasilkan prajurit yang profesional, handal, berkualitas ,dan memiliki militansi yang tangguh serta dicintai rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: