6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

6 Alasan Magelang Dijuluki Kota Militer, Bukan Cuma Akmil Tapi Armed pun Ada 2

Gerbang Akademi Militer di Jalan Sarwo Edhie Wibowo Magelang--GOOGLE MAPS

Rindam juga sering digunakan untuk melakukan pendidikan terhadap warga sipil dalam rangka menanamkan dan memantapkan nasionalisme.

Fungsi satuan dibawah Rindam selayaknya seperti sekolah. Namun penyelenggaraannya hanya sebatas untuk tingkatan Kodam, outputnya pun kebanyakan mengisi satuan-satuan di bawah Kodam.

4. Armed 3/Naga Pakca


Armed 3/Naga Pakca Magelang-TANGKAPAN LAYAR-GOOGLE MAPS

Batalyon Artileri Medan 3/Naga Pakca atau Yon Armed 3/105/Tarik merupakan satuan bantuan tempur (satbanpur) organik dibawah Komando Kodam IV/Diponegoro bermarkas di Jala A Yani, Magelang Utara.

Sejarah Armed 3 ini berawal pada masa kemerdekaan banyak meriam penjajah yang berhasil dirampas sehingga dibentuknya Satuan Artileri.

BACA JUGA:Yonarmed 11 Latihan Uji Siap Tempur

Selanjutnya, pada 4 Desember 1945 di Yogyakarta terbentuknya markas Artileri, kemudian tersusunlah satuan Artileri Jawa Tengah dari pasukan meriam Purwokerto, Yogyakarta dan Magelang, menjadi Batalyon A.

Pada tanggal 11 Februari 1952 berubah menjadi Batalyon Artileri Lapangan III/ Ter kemudian diganti namanya menjadi Batalyon Artileri Medan III, berdasar Surat Perintah Pangdam VII/Diponegoro No Sprin: 1004/XII/1974 tanggal 27 Desember 1974 tentang perkembangan dan organisasi di lingkungan Angkatan Darat.

Selanjutnya, pada 31 Maret 1986 menjadi Batalyon Artileri Medan 3/105 Tarik.

5. Armed 11/Guntur Geni


Armed 11/Guntur Geni Magelang-TANGKAPAN LAYAR-

Batalyon Artileri Medan 11/Guntur Geni atau Yon Armed 11/76/Tarik/Kostrad merupakan satuan pelaksana bantuan tempur di jajaran Resimen Artileri Medan 2/Putra Yudha di bawah Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad yang berlokasi di Magelang.

Yon Armed 11/Kostrad memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir sasaran.

BACA JUGA:Tiga Kesatria Muda Guntur Geni Raih Prestasi di Pusdikarmed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: