Nestapa Atlet Porprov Kota Magelang, Cuma Dijanjikan Bonus Tapi Gagal Dibayar

Nestapa Atlet Porprov Kota Magelang, Cuma Dijanjikan Bonus Tapi Gagal Dibayar

Atlet dan pelatih peraih medali Porprov Jateng untuk Kota Magelang mengikuti serenomi pembubaran kontingen di Pendopo Pengabdian, Selasa 19 September 2023-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Ratusan atlet, pelatih, dan official kontingen Kota Magelang memasang raut muka murung saat pembubaran kontingen Porprov di Pendopo Pengabdian, Selasa 19 September 2023. Pasalnya, janji bonus yang digembar-gemborkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang gagal dibayarkan.

Sebelumnya, KONI Kota Magelang sudah mengusulkan agar mendapatkan hibah dari Pemkot Magelang untuk memberikan bonus uang pembinaan kepada atlet, pelatih, dan official yang mampu meraih medali di ajang Porprov lalu.

Besaran yang diusulkan KONI Kota Magelang antara lain, peraih medali emas mendapatkan Rp65 juta, peraih medali perak mendapatkan Rp30 juta, dan peraih medali perunggu dijanjikan diberi bonus Rp20 juta.

Pada Maret 2023 lalu, KONI menggelar rapat di Gedung Wanita dan mengusulkan agar mendapatkan hibah hingga Rp3 miliar dari Pemkot Magelang untuk alokasi pemberian bonus bagi atlet dan pelatih peraih medali ajang Porprov 2023.

BACA JUGA:Ini Alasan Pemkot Magelang Enggan Bayar Bonus Atlet Porprov 2023

Ketua Umum KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar menuturkan, alokasi bonus sebesar Rp3 miliar itu sangat relevan jika memandang pemberian bonus pada lima tahun sebelumnya, ketika kontingen Kota Magelang mengikuti Porprov 2018.

Saat itu, KONI Kota Magelang menerima hibah sebesar Rp3,7 miliar khusus untuk pembinaan atlet dan official.

"Tahun 2018 saja, Pemkot Magelang mengucurkan dana untuk bonus atlet hingga mencapai Rp 3,7 miliar sehingga kami memperkirakan anggaran yang kita butuhkan untuk penghargaan kepada atlet dan pelatih yang memperoleh medali dalam Poprov Jateng 2023 sebesar Rp 3 miliar," katanya.

BACA JUGA:Pemkab Temanggung Beri 'Bonus' Kepada Peraih Medali Porprov

Lantas hasil rapat pada Maret 2023 tersebut resmi dibubukan KONI Kota Magelang dan diberikan ke Pemkot Magelang pada 9 Juni 2023.

"Usulan kami tidak terlambat, sudah sangat tepat waktu. Bahkan, saat menyusun usulan  (bonus atlet) ini pun kami duduk bersama Disporapar dan anggota dewan," ungkapnya.

Ali merasa heran, karena secara tiba-tiba Pemkot Magelang menolak menyetujui proposal KONI ihwal pencairan bonus atlet Kota Magelang.

"KONI sudah mengusulkannya (proposal bonus) tepat waktu. Tidak ada kesalahan. Tapi nyatanya itu tidak direalisasikan (Pemkot Magelang)," terangnya.

BACA JUGA:Mereka-reka Kewajiban KONI Kota Magelang Tuntaskan Janji Bonus Atlet Porprov Jateng 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres