Kualitas Panen Raya 2023 Meningkat, Bupati Temanggung Minta Pabrik Naikkan Harga Tembakau

Kualitas Panen Raya 2023 Meningkat, Bupati Temanggung Minta Pabrik Naikkan Harga Tembakau

TINJAU. Bupati Temanggung M Al khadziq meninjau perdagangan tembakau di salah satu gudang perwakilan PT gudang garam di Bulu Selasa 19 Sepetember 2023. -Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNGMAGELANG EKSPRES - Kualitas tembakau pada panen raya 2023 ini dipastikan jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, oleh karena itu perwakilan pabrikan diharapkan bisa membeli tembakau hingga akhir panen raya.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, kualitas tembakau tahun ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun kemarin, apalagi saat ini didukung dengan cuaca yang sangat bagus.

Selain itu lanjut Bupati, produksi tembakau tahun ini jauh menurun jika dibandingkan panen raya tahun 2022 lalu, penurunan produktivitas ini dipengaruhi oleh berbagai faktor penyebab.

"Saat ini masyarakat sudah semakin menjaga kualitas tembakaunya, tidak dicampur dengan tembakau dari daerah lain dan juga tidak dicampur dengan baik, sehingga kualitasnya bisa dipastikan lebih baik,"kata Bupati usai meninjau salah satu gudang perakilan gudang garam di jalan Raya Bulu Parakan Selasa 19 September 2023.

BACA JUGA:Petani Tembakau di Kledung Temanggung Mulai Panen, Tapi Soal Harga Masih Belum Ada Kepastian

Bupati berharap, dengan semakin meningkatnya kualitas tembakau ini jug akan berpengaruh pada harga jual tembakau, mengingat saat ini biaya pengolahan hingga biaya produksi terus mengalami kenaikan.

"Mungkin saat ini harganya belum ideal seperti yang diharapkan oleh petani, kami sudah sampaikan kepada perwakilan pabrik rokok, saya mohon agar harganya bisa dinaikkan lagi, mengingat kualitas tembakau tahun ini sangat baik cuaca juga sangat baik, masyarakat juga semakin menjaga kemurnian tembakau tidak mencampur dengan tembaku dari daerah lain,"terang Bupati.

Dikatakan, dari pabrikan punya komitmen untuk membeli tembakau temanggung, tahun ini produksinya juga tidak sebanyak biasanya "Saya yakin tembakau Temanggung akan dibeli habis oleh pabrikan sehingga tidak ada tembakau yang tersissa dipetani, harga bervariasi, rata-rata yang masuk kegudang grade D dan grade E ada yang Rp70.000 Rp75.000 dan tadi juga saya lihat ada yang Rp90.000,"jelasnya.

Bupati berharap, harga jual tembakau bisa lebih tinggi lagi agar petani bisa merasakan hasil dari tembakau tahun ini.

BACA JUGA:Temanggung Ibu Kota Kesenian Rakyat Nusantara, Seniman dan Budayawan Gelar Dialog Budaya

"Pabrikan rokok dan perwakilan gudang, kami mohon membeli habis tembakua, pabrik agar menghargai tembakau dengan harga yang pantas sesuai dengan kualitasnya, sukur-sukur harga tinggi agar petani bisa menutup biaya produksi mengingat biaya produksi terus meningkat,"harapnya.

Hartanto salah satu grader perwakilan gudang garam Temanggung mengatakan, kualitas tembakau tahun lebih baik jika dibandingkan dengan panen raya tembakau 2022 lalu, sehingga berpengaruh pada harga pembelian tembakau tahun ini.

Disebutkan, sampai saat ini kualitas tembakau yang dihasilkan oleh petani baru sampai dengan grade D, sedangkan harga pembelian tertinggi saat ini sudah mencapai Rp85.000 per kilogram.

"Kalau dirata-rata pembeliannya di harga Rp70.000 per kilogram, tapi sudah banyak yang dibeli dengan harga Rp85.000 per kilogram,"jelasnya Selasa 19 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres