Simak Kisi-kisi dan Passing Grade SKD Tes CPNS 2023

Simak Kisi-kisi dan Passing Grade SKD Tes CPNS 2023

Kisi-kisi dan passing grade CPNS 2023-hesti-CANVA

MAGELANGEKSPRES -- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 sudah di depan mata. Tak heran jika banyak yang mencari tentang kisi-kisi soal tes CPNS hingga passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2023.

Untuk diketahui bahwa pendaftaran seleksi CPNS telah dibuka mulai 20 September 2023 hingga 9 Oktober 2023 mendatang. 

Saatnya para pendaftar mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS 2023.

Pendaftar harus mengikuti rangkaian tahapan seleksi, seperti seleksi administrasi hingga seleksi kompetensi yang terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Dilansir dari laman resmi CASN, salah satu tahapan penting tes CPNS, SKD CPNS 2023 akan dijadwalkan berlangsung pada 7-16 November 2023 di masing-masing lokasi seleksi. 

SKD merupakan tes CPNS yang bertujuan untuk melihat bagaimana kesesuaian kompetensi yang dimiliki peserta dengan bidang yang dituju dengan standar kompetensi dasar PNS Republik Indonesia. 

Dalam tes SKD CPNS sendiri memiliki durasi pengerjaan sebanyak 100 menit  dengan 110 soal. 

SKD terdiri beberapa sub tes yang wajib dikerjakan, di antaranya adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanya 40 soal.

BACA JUGA:Kisi-kisi Materi Bahasa Indonesia Tes CASN dan Contoh Soalnya Terbaru Seleksi 2023

Kisi-kisi Tes SKD CPNS 2023 

Sebagai bahan acuan untuk dipelajari pendaftar tes CPNS 2023, terdapat kisi-kisi materi tes SKD yang diatur oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 651 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun 2023. 

Kisi-kisi ini dapat membantu pendaftar untuk lebih mengenal karakteristik  soal SKD CPNS 2023, berikut kisi-kisinya: 

  • Tes wawasan kebangsaan (TWK)

Penilaian tes wawasan kebangsaan (TWK) ini meliputi bagaimana penguasaan materi pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan Indonesia. 

1. Nasionalisme

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: