6 Fakta Unik Air Terjun Sekar Langit di Magelang, Legenda Jaka Tarub Ada di Sini

 6 Fakta Unik Air Terjun Sekar Langit di Magelang, Legenda Jaka Tarub Ada di Sini

Foto Air Terjun Sekar Langit-hesti-Magelang Ekspres

Akibat dari perbuatan Jakatarub, ketika para bidadari harus kembali ke kahyangan Nawangwulan tidak bisa kembali, karena tidak mengenakan selendang.

Selendang ini digunakan para bidadari untuk terbang ke kahyangan. Selendang ini merupakan kesaktian para bidadari untuk dapat naik dan turun bumi.

Ketika mencari selendang, Nawangwulan bertemu dengan Jakatarub dan akhirnya berumah tangga hingga memiliki anak bernama Nawangsih.

BACA JUGA:Air Terjun Curug Titang Temanggung Surga Tersembunyi yang Mirip dengan Colombia

2. Mandi di Bawahnya Bisa Ketemu Jodoh 

Air Terjun Sekar Langit memiliki mitos populer, yaitu bagi para pengunjung yang masih jomblo dan belum ada pasangan, mitosnya jika mandi di kolam air terjun Sekar Langit bisa memperlancar mendapatkan jodohnya. 

Dari cerita legenda inilah yang membuat orang menjadi penasaran dan sampai melakukan ritual khusus. Masyarakat setempat mempercayai jika melakukan ritual dan mandi di bawah air terjun, maka segera bertemu jodoh.

Namun, ingat ya, ini cuman mitos setempat yang tidak diketahui kebenarannya.

3. Penampakan Wanita yang Ikut Foto 

Air terjun ini nyatanya juga menyimpan kisah mistis. Dilansir dari berbagai sumber, menurut juru kunci, di lokasi air terjun ini sering muncul penampakan di sore hari yaitu sesosok wanita seperti bidadari yang sering ikut berfoto. Sosok itu sering muncul di foto yang diabadikan pengunjung. 

Meski sering terdapat penampakan, tidak ada larangan khusus, sosok tersebut juga tidak mengganggu. Namun, sebainya kamu perlu menjaga perkataan dan perbuatan yang baik di lokasi wisata air terjun ini. 

4. Tempat Syuting Banyak Acara TV 

Lokasinya yang asri dan banyak pepohonan, membuat air terjun ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting film Yohana Gadis Rimba yang dimainkan oleh Lidya Kandou, Atek Soedharmo, dan disutradarai oleh Wim Umbo pada tahun 1983 silam. 

Sementara itu, pada 1992, lokasi Air Terjun Sekar Langit juga dijadikan latar syuting film Tutur Tinular.

5. Airnya Tidak Pernah Mengering 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: