Pengurus PDHI Jateng III Diminta Bisa Berkolaborasi dengan Pemerintah

Pengurus PDHI Jateng III Diminta Bisa Berkolaborasi dengan Pemerintah

AMBIL SUMPAH. Ketua PB PDHI Dr drh M Munawaroh melantik Dokter Hewan wilayah Jateng III sebagai pengurus PDHI Jateng periode 2023-2027, Minggu, 24 September 2023 di Borobudur Golf Magelang.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), Dr drh Munawaroh  meminta pengurus PDHI Jateng III periode 2023-2027 menjalankan tugasnya dengan baik terutama bisa berkolaborasi dengan pemerintah.

“Saya berharap pengurus PDHI yang baru dilantik ini mensuport pemerintah dalam penanganan penyakit-penyakit hewan. Selanjutnya keberadaan PDHI ini juga harus dapat membantu pemerintah dalam rangka menangani stunting,” ujarnya saat memberikan sambutan Pelantikan Pengurus PDHI Jateng III Periode 2023-2027 di Borobudur Golf, Minggu, 24 September 2023.

Kemudian tugas lain pengurus PDHI Jateng III adalah menyosialisasikan kepada masyarakat atas kesejahteraan hewan (Kesrawan). Inilah tugas dokter hewan bagaimana memberikan edukasi kepada masyarakat apa itu Kesrawan.

BACA JUGA:Mengenal PKBM di Muntilan Magelang yang Kerap Dikunjungi Tamu Mancanegara untuk KKN

Misalnya ada kasus anjing ditarik dengan sepeda motor, itu namanya menyiksa hewan atau tidak mensejahterakan hewan.

Selain melantik PDHI Jateng III pada kesempatan yang sama juga dilantik Ketua dan Pengurus Perhimpunan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI).

Ketua 1 PP PIDHI Dra Med Vet Isti Istiaani Surono melantik Ketua PIDHI Emy Yulianti Amd Keb dengan segenap pengurus.

Dengan dilantiknya PIDHI Cabang Jateng III diharapkan pengurus baru memberi kontribusi dalam rangka mencegah penyakit zoonosis dan penyakit menular lainnya yang berdampak pada perekonomian peternak.

Diharapkan juga PDHI mampu memberikan kegiatan yang berdampak pada peningkatan kompetensi para anggotanya agar semakin mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada para pemilik hewan.

BACA JUGA:PDHI Siap Terjunkan 80 Dokter Hewan

"PIDHI Cabang Jateng 3 bisa kembali bersinergi dengan PDHI memberikan sosialisasi kepada perempuan dan anak adapun kegiatan yang dapat dilakukan adalah sosialisasi animal welfare, zoonosis, daging yang ASUH melalui organisasi perempuan lainnya dengan bergabung dengan gabungan organisasi wanita di wilayahnya," kata Munawaroh.

Ketua PIDHI Mitra Veteriner cabang Jateng III dijabat Emy Yulianti Amd, sementara Ketua Cabang PDHI Jateng III drh Esti Dwi Utami MSi.

Usai pelantikan dilakukan vaksinasi rabies kepada para tenaga medis. Sebanyak 40 tenaga medis berhasil disuntik vaksin.

"Vaksinasi kita lakukan karena potensi penularan rabies kepada tenaga kesehatan hewan, dokter hewan dan paramedik veteriner lebih rentan. Untuk tahap awal baru menyediakan 120 dosis, baru bisa untuk 40 tenaga medis. Kedepannya akan bertahap untuk semua anggota PDHI," imbuh Ketua Cabang PDHI Jateng III drh Esti Dwi Utami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres