Jangan Dikira Suhu Dingin di Gunung Nggak Bikin Gosong, Ini Dia 10 Rekomendasi Sunscreen Khusus di Area Dingin

Jangan Dikira Suhu Dingin di Gunung Nggak Bikin Gosong, Ini Dia 10 Rekomendasi Sunscreen Khusus di Area Dingin

Jangan dikira Suhu Dingin di Gunung Nggak Bikin Gosong, Inidia Rekomendasi Sunscreen Khusus di Area Dingin-Indah Cahyasari-Freepik and Canva

MAGELANGEKSPRES -- Ketika cuaca panas tabir surya atau sunscreen kerap menjadi andalan semua orang. sunscreen memiliki manfaat utama dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih.

Namun ternyata penggunaan sunscreen tidak hanya penting saat cuaca panas saja lho. Saat cuaca dingin sunscreen juga dibutuhkan oleh kulit, karena sinar UV matahari tetap ada meskipun cuaca dingin.

Dilansir dari Kompas.com menurut American Academy of Dermatology (AAD), sunscreen bahkan perlu digunakan saat kita berada di dalam rumah karena sinar UV dari matahari masih bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela, pintu, atau celah-celah lain. 

BACA JUGA:5 Tips Kulit Glowing Selama Musim Panas, Pakai Sunscreen Ini Biar Bye Bye Kulit Gelap

Selain itu ketika berada di daerah dingin kulit juga cenderung kering dan sunscreen dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Kandungan sunscreen yang cocok untuk cuaca dingin tentunya berbeda dengan sunscreen untuk cuaca panas. Beberapa kandungan yang sebaiknya ada dalam sunscreen untuk di wilayah dingin antara lain:

1. Mengandung SPF: SPF (Sun Protection Factor) adalah elemen kunci dalam sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan SPF tinggi, minimal 30 atau lebih tinggi, untuk melindungi kulit dari sinar UV yang masih dapat merusak meskipun cuaca terasa dingin.

2. Hyaluronic Acid: Hyaluronic acid adalah bahan yang sangat efektif dalam menjaga kelembapan kulit. Sunscreen yang mengandung hyaluronic acid akan membantu kulit kering tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Shea Butter atau Minyak Alami: Shea butter atau minyak alami seperti minyak jojoba, minyak almond, atau minyak zaitun dapat memberikan kelembapan ekstra kepada kulit kering. Ini membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk cuaca dingin.

4. Ceramide: kandungan ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memperkuat lapisan pelindung kulit

BACA JUGA:Wajib Dipakai! 6 Manfaat Sunscreen Jika Kamu Tidak Mau Terkena 9 Bahaya Paparan Sinar UV Ini

5. Formula Krim Tebal: Kulit kering cenderung lebih sensitif terhadap cuaca dingin. Oleh karena itu, pilih sunscreen dengan formula krim tebal yang memberikan perlindungan ekstra dan membantu menjaga kelembapan kulit.

6. Perlindungan Terhadap Radikal Bebas: Sunscreen yang mengandung antioksidan seperti vitamin C atau E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang lebih sering terjadi di wilayah dingin.

7. Bebas Fragrance: Produk bebas fragrance atau pewangi adalah pilihan baik untuk kulit kering, karena fragrance dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: