Misteri Dibalik Keindahan Gunung Semeru, Ramalan Jayabaya: Pulau Jawa Akan Terbelah

Misteri Dibalik Keindahan Gunung Semeru, Ramalan Jayabaya: Pulau Jawa Akan Terbelah

Misteri Dibalik Keindahan Gunung Semeru, Ramalan Jayabaya: Pulau Jawa Akan Terbelah--

MAGELANG EKSPRES - Apakah Anda suka trekking? Bagaimana bila sesekali Anda mengunjungi Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur. Gunung Semeru tepatnya berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dekat dengan Gunung Bromo.

Gunung semeru adalah gunung berapi yang ada di Jawa Timur dan menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Ketinggian Gunung Semeru mencapai 3.676 meter dengan lintasan pos pendakian yang tidak mudah dan sangat menantang. Jadi, bagi Anda yang suka pendakian, tentu saja akan menjajal pesona Gunung Semeru dengan segala tantangannya.

Keindahan Gunung Semeru


Keindahan Gunung Semeru--

Salah satu keunikan dari Gunung Semeru ini adalah keberadaan kawah yang selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 - 20 menit sekali yang menimbulkan kepulan asap abu, bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara.

Kawah ini memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m di bagian sebelah selatan yang mendobrak tepi kawah, sehingga menyebabkan aliran lava yang menyusuri tepi selatan mengarah ke daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Selain itu, Gunung Semeru juga kaya akan vegetasi dan menjadi habitat bagi banyak jenis fauna. Di sepanjang perjalanan mendaki, terdapat titik-titik tertentu Anda bisa menemukan bunga edelweiss dan anggrek endemik Semeru.

Pesona Gunung Semeru memang tak pernah pudar. Karena keindahan yang luar biasa itulah yang menyebabkan banyak sekali pendaki yang ingin menyaksikan serta menaklukan tantangan Gunung Semeru.

Untuk dapat mendaki ke puncak Semeru diperlukan persiapan fisik dan logistik yang matang dan juga pengetahuan pendakian yang memadai. Namun, jangan khawatir sesampainya di puncak Gunung Semeru Anda bisa melihat panorama kawah Jonggring Saloko yang menakjubkan.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata di Magelang yang Pernah Viral Kini Tutup karena Sepi

Rute dan Tiket Pendakian di Gunung Semeru

Ada beberapa alternatif rute menuju kaki Gunung Semeru. Namun, yang paling umum dan paling sering digunakan oleh para pendaki ialah rute melalui Malang - Tumpang.

Anda dapat melakukan perjalanan dengan start terminal kota Malang, kemudian menuju desa Tumpang. Dari Tumpang ini Anda bisa naik Jeep, Pickup atau truk sampai di pos Ranu Pani.

Sebelum sampai pos Ranu Pani  Anda mampir sebentar di Gubuklakah untuk mendapat surat ijin dengan biaya sekitar Rp 6.000  per 10 orang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres