Pesona Candi Lumbung Sengi di Kabupaten Magelang: Pindah dari Tlatar ke Sengi Demi Pelestarian Candi

Pesona Candi Lumbung Sengi di Kabupaten Magelang: Pindah dari Tlatar ke Sengi Demi Pelestarian Candi

Pesona Candi Lumbung Sengi di Kabupaten Magelang: Pindah dari Tlatar ke Sengi Demi Pelestarian Candi -Maryanto-Tangkapan layar Google maps

MAGELANGEKSPRES -- Candi Lumbung Sengi merupakkan salah satu candi bercorak agama Budha di Kabupaten Magelang. Menurut berbagai sumber data sejarah, Candi Lumbung Sengi merupakan tempat religius budha yang pendirian nya dilakukan pada abad ke VIII. Bagaimana pesonanya? Yuk simak artikel ini!

Magelang memang patut dijuluki negeri candi. Pasalnya sejauh ini, Magelang memiliki 15 candi yang sudah teridentifikasi. Banyaknya candi tersebut menawarkan keindahan bangunannya dan pemandangan alam sekitarnya. Salah satunya adalah Candi Lumbung

Selain sebagai warisan sejarah keagamaan Budha dan tempat rekreasi, dilansir dari beberapa sumber menurut Koordinator Juru Pelihara Situs Candi Sengi, Candi Lumbung berfungsi untuk berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah diberi hasil panen. 

Candi ini mulanya terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kini, Candi Lumbung akan dipindahkan ke Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. 

Sebelum berlokasi di Tlatar, Candi Lumbung ini dulunya berada di tepi Sungai Pabelan. Namun, pada 2010 lalu terjadi erupsi Gunung Merapi yang mengakibatkan adanya banjir lahar dingin yang mengancam lokasi Candi Lumbung. 

BACA JUGA:Candi Retno, Fakta Unik Wisata Bersejarah di Secang Magelang yang Jarang Diketahui Orang

Akhirnya Candi Lumbung sepakat dipindahkan ke Desa Tlatar agar lebih aman. Dan sekarang Candi Lumbung dipindahkan lagi di lokasi awal di Desa Sengi, menjadi satu dengan lokasi Candi Pendem dan Candi Asu. Pemindahan ini juga merupakan permintaan warga Desa Sengi. 

Situs Candi Lumbung menjadi satu dari sekian banyak kekayaan Kabupaten Magelang yang tidak boleh dilewatkan. 

Candi ini memiliki ukuran bangunan sebesar 8,43 x 8,43 meter dengan ketinggian 7-8 meter. Letak bangunan bersejarah ini berdiri di atas batur setinggi 2,5 meter yang membentuk bujur sangkar. 

Keberadaannya merupakan bukti peninggalan sejarah yang nyata dan masih terawat dengan baik di Kabupaten Magelang.

Untuk menikmati indahnya candi yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk sama sekali alias gratis. Candi yang satu ini menjadi rekomendasi candi di Magelang yang bisa Anda kunjungi.

Candi Lumbung Sengi memiliki bangunan bagian kaki dengan relief kuno yang menarik perhatian. 

Bangunan suci Budha ini merupakan gugus candi yang terdiri atas 17 bangunan, yaitu satu candi utama yang terletak di pusat, dikelilingi oleh 16 candi perwara. Halaman komples Candi Lumbung ini ditutup hamparan batu andesit.

Di bagian atap Candi Lumbung ini, bentuknya telah berubah akibat dari runtuhnya candi ini akibat bencana alam yang melanda. Namun, jangan khawatir, karena di sisi barat daya candi ini masih tersisa beberapa batuan tengah bangunan candi yang kokoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: