Viral ICE COLD! Ini 5 Tanaman yang Mengandung Sianida, Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

Viral ICE COLD! Ini 5 Tanaman yang Mengandung Sianida, Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

5 Tanaman yang Mengandung Sianida, Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan--

MAGELANG EKSPRES - Masih ingatkah Anda tentang kasus kematian Mirna karena kopi Sianida! Kini muncul lagi bahkan viral di media sosial setelah tayangan film dokumenter Netflix 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso'.

Namun dalam artikel ini tidak akam membahas soal alur film ini tetapi soal sianida. Apa itu sianida?
Sianida merupakan suatu senyawa sangat beracun bagi manusia. Sianida dalam bentuk anorganik umumnya dapat ditemukan dalam bentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti natrium sianida.

Apabila seseorang tidak sengaja menghirup atau menelan sianida, dapat menyebabkan berbagai akibat yang serius seperti kejang, kesulitan bernapas, kehilangan kesadaran, tekanan darah rendah, penurunan denyut jantung, gagal jantung, bahkan dapat berujung pada kematian.

Menurut beberapa sumber, dosis sianida yang dapat menyebabkan kematian bagi tubuh manusia adalah sebesar 1,5 mg/kg. Dengan kata lain, bagi seseorang yang memiliki berat badan 50 kg, batas dosis sianida yang berbahaya adalah sebesar 75 mg/50 kg berat tubuh.

Tahukah Anda bahwa sianida ini dapat dijumpai pada tumbuhan? Ada beberapa tumbuhan yang mengandung zat sianida, untuk itu sebaiknya Anda jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Tanaman yang Mengandung Zat Sianida

Berikut ini beberapa tanaman mengandung zat sianida yang dirangkum dari berbagai sumber, yuk, simak!

1. Singkong


Singkong--

Singkong merupakan tanaman yang mengandung sianida. Menurut suatu penelitian yang menggunakan produk olahan kripik singkong dari dua kota besar Australia, yaitu Melbourne dan Canberra, telah menemukan adanya kadar sianida dalam singkong sekitar 91 mg/kg berat bersihnya.

Dengan menghitung berdasarkan sampel sianida yang sangat tinggi dan memperhatikan ambang batas konsumsi sianida, ditemukan bahwa seorang anak dengan berat badan 20 kg hanya perlu mengonsumsi 40–270 gram keripik ini untuk mencapai dosis yang dapat menyebabkan kematian! Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya Anda berhati-hati.

Namun, bila diolah dengan cara yang benar dan dikonsumsi dalam jumlah wajar, singkong tetap aman untuk dikonsumsi.

2. Kentang


Kentang--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres