Candi Umbul Magelang : Sejarah, Daya Tarik, Hingga Mitos Air Hangat Obat Segala Penyakit Yang Masih Dipercaya

Candi Umbul Magelang : Sejarah, Daya Tarik, Hingga Mitos Air Hangat Obat Segala Penyakit Yang Masih Dipercaya

Candi Umbul Magelang : Sejarah, Daya Tarik, Hingga Mitos Air Hangat Obat Segala Penyakit Yang Masih Dipercaya -yustinanvts_-instagram

MAGELANGEKSPRES -- Informasi seputar Candi Umbul, pemandian air panas berusia ratusan tahun yang ada di Magelang. Simak sejarah, daya tarik, hingga mitos yang berkembang di masyarakat.

Magelang telah berdiri sejak tahun 907 Masehi, menjadikan kabupaten di Jawa Tengah ini menjadi salah satu daerah tertua di Indonesia.

Dengan fakta tersebut, tak hayal jika Magelang punya ribuan misteri dari peninggalan masyarakat zaman dahulu.

Salah satu warisan budaya di Magelang yang masih terjaga hingga saat ini yakni Candi Umbul, yang berlokasi di Jl. Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi ini sebenarnya berupa pemandian yang memiliki sumber mata air panas. Candi Umbul saat ini menjadi salah satu destinasi wisata hits dan banyak dikunjungi wisatawan saat liburan ke Magelang.

Lalu, bagaimana sejarah Candi Umbul Magelang?


Candi Umbul Magelang : Sejarah, Daya Tarik, Hingga Mitos Air Hangat Obat Segala Penyakit Yang Masih Dipercaya -handh.n-instagram

Candi ini adalah peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun sekitar abad ke-8. Bisa dibilang candi ini merupakan yang tertua di Kota Magelang, bahkan lebih tua dari Candi Borobudur yang terkenal itu!

Namun, sayangnya sebagian besar bangunan candi ini telah rusak karena bencana alam yang mengerikan seperti erupsi gunung, banjir, dan gempa bumi yang pernah melanda daerah ini di masa lalu. Tetapi masih ada sedikit bagian candi yang tersisa, berupa tumpukan batu yang terletak di dekat kolam.

Selain itu, dekat candi ini ada dua kolam pemandian yang menarik perhatian. Kolam pertama adalah kolam utama yang ukurannya lebih besar, sedangkan kolam kedua lebih kecil. 

BACA JUGA:Pesona Candi Lumbung Sengi di Kabupaten Magelang: Pindah dari Tlatar ke Sengi Demi Pelestarian Candi

Ternyata, kedua kolam ini dulunya digunakan sebagai tempat pemandian para putera dan puteri raja. Bayangkan betapa mewahnya mereka bisa mandi di kolam-kolam ini.

Dan kabar baiknya, sekarang kedua kolam tersebut telah dibuka untuk umum sebagai kolam pemandian air hangat di Candi Umbul. 

Sebagai destinasi wisata di Magelang, Candi Umbul memiliki pesona dan daya tarik unik tersendiri bagi wisatawan. Lalu, apa saja yang membuat tempat ini begitu menarik? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: