KNPI Kota Magelang Studi Banding ke Bandung, Berkeinginan Gali Potensi Pemuda

KNPI Kota Magelang Studi Banding ke Bandung, Berkeinginan Gali Potensi Pemuda

STUDI BANDING. KNPI Kota Magelang saat kunjungan KNPI Bandung, Sabtu, 12 Oktober 2023.-istimewa-magelangekspres

BANDUNG, MAGELANGEKSPRES - DPD KNPI Kota Magelang telah melakukan kunjungan dan studi pengembangan kepemudaan yang berkesinambungan ke DPD KNPI Kota BANDUNG.

Kunjungan bertempat di Gelanggang Generasi Muda Kota Bandung, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kunjungan ini merupakan langkah positif untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dalam pengembangan pemuda yang bertujuan memberikan dampak positif bagi pemuda, terutama di Kota Magelang.

BACA JUGA:Terungkap! Siapa Ibu Kandung Bayi Kardus yang Jadi Rebutan Adopsi di Magelang

Evin Sapta Haryanto Kamil, Ketua DPD KNPI Kota Magelang, menjelaskan tujuan utama dari kegiatan studi pengembangan kepemudaan ini adalah untuk mengoptimalkan potensi pemuda di Kota Magelang yang selama ini belum sepenuhnya dimanfaatkan.

"Kota Magelang memiliki banyak pemuda berbakat, dan kunjungan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan praktik terbaik dari DPD KNPI Kota Bandung yang telah berhasil dalam memajukan potensi pemuda," jelasnya.

Menurutnya, dalam kunjungan ini ada beberapa aspek penting yang menjadi fokus studi pengembangan kepemudaan antara DPD KNPI Kota Magelang dan DPD KNPI Kota Bandung. Pertama Perda Kepemudaan yang Berdampak.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, KNPI Kota Magelang Ajak Milenial Berdialog

DPD KNPI Kota Bandung telah mengembangkan peraturan daerah kepemudaan yang efektif. Hal ini memberikan landasan hukum yang kuat untuk mendukung program-program kepemudaan yang berdampak di kota mereka.

"DPD KNPI Kota Magelang berharap dapat mengeksplorasi cara mengadopsi pendekatan serupa dalam pembentukan perda kepemudaan di Kota Magelang," katanya.

Kedua, lanjut Evin, Tata Kelola Organisasi yang Efisien. DPD KNPI Kota Bandung telah sukses menerapkan tata kelola organisasi yang baik, termasuk struktur kepemimpinan yang kuat dan proses pengambilan keputusan yang transparan. Hal ini menjadi landasan penting dalam menjalankan program-program pemuda yang efisien dan berhasil. Kota Magelang berharap untuk belajar lebih lanjut tentang tata kelola ini dan mungkin mengadopsi praktik serupa.

Ketiga pembentukan DPK yang Aktif. Pembentukan Dewan Pemuda Kecamatan (DPK) yang aktif adalah salah satu langkah penting dalam pengembangan kepemudaan.

DPD KNPI Kota Bandung telah berhasil melaksanakan hal ini, memberikan pemuda suara dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi mereka.

BACA JUGA:Ketua KNPI Jateng Lantik Pengurus KNPI Kota Magelang Periode 2022-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres