Sambut Hari Santri 2023, Santri Al Musthofa Tebuireng Temanggung Bagikan Paket Sembako

Sambut Hari Santri 2023, Santri Al Musthofa Tebuireng Temanggung Bagikan Paket Sembako

PEDULI. Santri Ponpes Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas membagi sembako kepada lansia kurang mampu disekitar ponpes. -foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES - Momen hari santri nasional (HSN), menjadi momen yang tepat bagi para santri untuk semakin meningkatkan dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh santri di pondok pesantren (Ponpes) Al Musthofa Tebuireng 16 Wadas Kecamatan Kandangan, meskipun HSN masih akan dirayakan pada 22 Oktober 2023 mendatang, mereka sudah mulai melakukan sejumlah kegiatan untuk menyambut hari yang sangat di nanti oleh para santri di Indonesia.

Sejumlah kegiatan dilakukan dalam menyambut HSN tahun 2023 ini, mulai dari melaksanakan program bakti sosial dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

BACA JUGA:Sentra Terpadu Kartini Temanggung Kembangkan Terapi Khusus, Sasarannya Penyandang Disabilitas

Puluhan santri membawa berbagai peralatan kebersihan seperti sapu lidi, sabit, cikrak dengan penuh semangat membersihkan lingkungan rumah manula/jompo di sekitar Ponpes Al Musthofa Tebuireng yaitu di dusun Semawen dan Wadas Wetan.

Selain itu, para santri juga mendatangi rumah-rumah para lansia didesa tersebut untuk membantu membersihkan lingkungan rumah dan memberikan sembako kepada lansia.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program "Isyfii Anta Syafii", dengan program dan kegiatan seperti ini, bisa membuka mata dan hati serta kepedulian para santri, baik kepedulian terhadap lingkungan maupun masyarakat,"kata Pengasuh Ponpes, Kyai Agus Ahmad Yani.

Disebutkan, Sebanyak enam lansia yang mendapat program tersebut yaitu  Solikhah maksum,Suyati, Musonatun, Maryam, Muzaenah dan Rowiyah mereka tergolong kaum dhuafa.

BACA JUGA:Kenal di Medsos, Seorang Santri di Wonosobo Cabuli Anak 13 Tahun

Kyai Agus menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sense of crisis di kalangan santri, membangkitkan kesadaran akan tanggung jawab sosial, dan menekankan pentingnya kepedulian terhadap sesama, terutama kepada kaum lanjut usia yang membutuhkan bantuan.

Selain membersihkan lingkungan, santri-santri 16 Wadas juga memberikan bantuan paket sembako berupa telur, gula, dan beras kepada warga manula/jompo di sekitar Ponpes.

Sembako tersebut merupakan hasil sumbangan dari wali santri, mereka menyampaikan bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa solidaritas dalam menyambut Hari Santri.

"Kegiatan ini adalah bagian dari pembelajaran bagi para santri untuk memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Kami berharap melalui aksi ini, mereka dapat memahami nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari."katanya.

Kasi Pontren Kemenang Kabupaten Temanggung Ahsan Muayyad, memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh santri Ponpes Al Musthofa Tebuireng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres