Belasan Desa di Temanggung 'Dihajar' Angin Puting Beliung

Belasan Desa di Temanggung 'Dihajar' Angin Puting Beliung

ROBOH. Salah satu bagian rumah milik warga di Kecamatan Kaloran roboh terkena angin puting beliung Sabtu akhir pekan kemarin.--

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Belasan Desa di lima Kecamatan di Kabupaten Temanggung diterjang angin puting beliung, bahkan di Kecamatan Parakan sempat terjadi hujan es saat angin kencang disertai hujan deras terjadi pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, hujan deras disertai angin kencang terjadi sangat cepat, sehingga mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Kerusakan rata-rata dibagian ATP rumah milik warga,"terangnya kemarin.

BACA JUGA:WASPADA! Dieng Wonosobo Dilanda Hujan Es dan Angin Kencang

Ia menyebutkan, sejumlah rumah yang mengalami kerusakan diantaranya di desa Kebondalem, Kemiri, Kaloran, Gimik, Tempuran, Kaloran, Kladran, Ngemplak, Kandangan, Balong, Kaloran dan Lotermas, Tepusen, Kaloran .

Selain itu lanjut Hadi, angin puting beliung juga terjadi di  Depan kantor  Kecamatan Bansari, desa Krajan, Mandisari, Parakan Dan Dukuh Nglorok Campursalam, Parakan.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini, hanya saja bagi korban yang rumahnya mengalami kerusakan cukup parah untuk sementara waktu harus meninggalkan rumah terlebih dahulu,"terangnya.

Terkait dengan kerugian yang dialami korban lanjutnya, sampai saat ini masih dalam perhitungan, diperkirakan kerugian lebih dari puluhan juta rupiah.

BACA JUGA:Harga Tembakau Temanggung Ditaksir 70 - 80 Ribu

Ia menambahkan, pihaknya bersama tom gabungan dan relawan sudah melakukan kerja bakti untuk membersihkan puing-puing rumah yang rusak.

"Bantuan juga sudah kami kirim, untuk sementara masih dalam bentuk bantuan logistik,"tambahnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres