Wisata Religi! Ini 8 Makam Ulama Besar yang wajib Anda Kunjungi saat Berkunjung ke Magalang

Wisata Religi! Ini 8 Makam Ulama Besar yang wajib Anda Kunjungi saat Berkunjung ke Magalang

Jangan Lewatkan! Ini 8 Makam Ulama Besar yang wajib Anda Kunjungi saat Wisata Religi ke Magalang-Tangkapan layar-Instagram

Makam Kyai Raden Santri terletak di Gunung Pring RT.002 / RW.024, Dusun Karaharjan, Desa Gunung Pring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Kyai Raden Santri sebenarnya bernama Pangeran Singasari, merupakan putra Ki Ageng Pemanahan, pendiri kerajaan Mataram Islam.

Ia dikenal dengan sebutan Raden Santri karena kealimannya dan keaktifannya dalam menyantri di hadapan para sepuh.

Dalam perjalanan hidupnya, Mbah Raden Santri menyebarkan agama Islam di wilayah Kedu dan sekitarnya.

Salah satu karomahnya yang terkenal adalah saat ia berhasil menghentikan aliran lahar Gunung Merapi di Sungai Lamat ketika ia hendak menyeberang pulang. 

BACA JUGA:4 Makam Ulama Besar di Magelang yang Dijadikan Wisata Religi, Siapa Saja?

4. Makam KH. Dalhar

Makam KH. Dalhar terletak di kompleks makam Kiai Raden Santri yang berada di sisi barat Muntilan, tepatnya di atas bukit Gunung Pring dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

KH. Dalhar adalah seorang ulama besar dan Mursyid terkenal di Magelang. Beliau merupakan salah satu dari tiga wali yang sangat terkenal di Jawa Tengah.

Ketiga wali tersebut adalah KH. Hamid dari Kajoran, Magelang, yang menjadi wali dakwah, dan KH. Dalhar sendiri yang menjadi wali hakikat.

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi Makam KH. Dalhar, disarankan untuk mempersiapkan fisik karena harus mendaki bukit untuk mencapai lokasi makam. 

5. Makam Kyai Siraj Payaman (Romo Agung)

Wisata religi selanjutnya adalah Makam Kyai Siraj. Beliau dikenal dengan panggilan Romo Agung, sebuah nama yang diberikan oleh tentara Belanda pada masa itu.

Bersama dengan Kyai Dalhar, beliau menjalani pendidikan di Mekkah. 

BACA JUGA:Gunung Bibi, Gunung Keramat yang Dipercaya Sebagai Pelindung Dari Awan Panas Merapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: