Untidar Latih Bhabinkamtibmas Polres Magelang Kota Mengolah Sampah

Untidar Latih Bhabinkamtibmas Polres Magelang Kota Mengolah Sampah

PRAKTIK. Bhabinkamtibmas Polres Magelang Kota mengikuti pelatihan pengolahan sampah, Senin, 23 Oktober 2023 lalu.-istimewa-magelangekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tidar (LPPM Untidar) Magelang dan Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota menggelar pelatihan pengolahan sampah di Auditorium Mako Polres, Senin, 22 Oktober 2023.

Pelatihan diikuti 31 Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan beberapa perwira.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, menyebutkan acara ini bertujuan menguatkan peran Bhabinkamtibmas di masyarakat, selain untuk mengimplementasikan nota kerja sama dengan Untidar.

BACA JUGA:Dosen dan Mahasiswa Teknologi Pangan Untidar Beri Edukasi Keamanan Pangan di MI Maarif Gunungpring

“Selama ini kita mengelola ‘sampah masyarakat’, seperti pelaku kriminal dan sebagainya. Kali ini kita benar-benar belajar mengolah sampah agar ada daur ulang sampah di masyarakat, sehingga jumlahnya dapat terkendali," ungkapnya.

Yolanda menambahkan, jika proyek ini berhasil, selain membantu ekosistem di lapangan, Bhabinkamtibmas juga dapat mengambil nilai ekonomi darinya.

“Sah, karena ini tidak melanggar aturan manapun," tegasnya.

Sementara itu, Plt Ketua LPPM UNTIDAR, Dr Eny Boedi Orbawati menyebutkan, masalah sampah menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Magelang. Dalam semester 1 tahun 2023 saja, terdapat 100 ton lebih sampah di Kota Magelang.

“Maka dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat bersinergi dengan masyarakat dalam mengelola sampah menjadi barang bermanfaat kembali," jelasnya.

BACA JUGA:Dosen Untidar Latih Pembukuan Sederhana Bagi Pengelola Glamour Camping Terasering Menoreh

Instruktur pelatihan ini adalah Adhi Surya Perdana, dosen Fakultas Pertanian Untidar yang memang selama ini berpengalaman mengelola sampah di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur, yang bekerja sama dengan kementerian terkait.

Dalam pelatihan ini, Adhi menjelaskan bagaimana pembuatan kompos dan pemanfaatan sampah lainnya, seperti mengalihwahanakan menjadi barang kebutuhan rumah tangga dan souvenir.

Setelah memperoleh pelatihan ini, Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mengaplikasikan di wilayah operasinya di 17 kelurahan Kota Magelang dan 14 desa di Kecamatan Bandongan.

BACA JUGA:Kedua Kalinya, Untidar Magelang Raih Penghargaan ‘Perguruan Tinggi Terbaik’ JDIHN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres