4 Fakta Menarik Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Letaknya Lebih Tinggi Dari Gunung Ungaran!

4 Fakta Menarik Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Letaknya Lebih Tinggi Dari Gunung Ungaran!

4 Fakta Menarik Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Letaknya Lebih Tinggi Dari Gunung Ungaran!--Google Maps

MAGELANGESKPRES – Desa tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 2.300 mdpl, lebih tinggi dari Gunung Ungaran di Semarang. Penasaran bagaimana rasanya tinggal di desa ini?.

Tinggal di dataran tinggi memberikan keuntungan tersendiri, seperti iklim yang nyaman, suhu udara yang cenderung sejuk sepanjang hari, aktivitas fisik yang lebih baik, dan juga bisa melihat keindahaan alam dari ketinggian.

Lalu apakah kamu pernah bertanya-tanya di manakah pemukiman tertinggi di Pulau Jawa? Artikel ini akan membahas fakta menarik desa tersebut.

Namanya adalah Desa Sembungan, letaknya ada di dataran tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Topografi dataran tinggi Dieng yang dikelilingi oleh berbagai gunung seperti Gunung Prau, Gunung Pangonan, dan Gunung Pakuwaja bisa dilihat dari desa ini.

Lokasi desa ini tidak jauh dari kawasan wisata Dieng Plateau, hanya berjarak 5km atau bisa ditempuh dengan 15 menit berkendara.

Sebagai desa tertinggi di Pulau, terdapat fakta menarik lainnya dari Desa Sembungan ini. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA:3 Fakta Menarik Telaga Dringo Dieng, Telaga Tertinggi di Jawa Tengah yang Mirip Ranu Kumbolo Gunung Semeru

1. Akses jalan mudah dijangkau kendaraan

Meskipun dinobatkan menjadi desa tertinggi, bukan berarti akses menuju desa ini harus mendaki bukit terjal dan sulit dijangkau.

Akses jalan menuju Desa Sembungan dari Dieng cukup mudah, selain karena jalannya yang sudah diaspal halus, tidak ada tanjakan terjal yang harus dilalui kendaraan.

BACA JUGA:Pesona Luar Biasa Objek Wisata Batu Ratapan Angin, Lokasi Dekat Dieng Plateau Theatre Wonosobo

2. Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022

Berkat pesonanya, Desa Sembungan dinobatkan sebagai juara 1 ADWI kategori desa wisata rintisan oleh
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: