KPU Purworejo Terima Estafet Kirab Pemilu 2024, Ingatkan Masyarakat Bersiap Gunakan Hak Pilih

KPU Purworejo Terima Estafet Kirab Pemilu 2024, Ingatkan Masyarakat Bersiap Gunakan Hak Pilih

KIRAB PEMILU. Sebanyak 18 bendera Parpol dikirab memutari sebagian Kota Purworejo dalam Kirab Pemilu 2024 KPU Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES – Estafet Kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Wonogiri tiba di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Minggu (5/11).

Adanya kirab yang nantinya akan berakhir di Jakarta tersebut diharapkan dapat mengedukasi sekaligus mengingatkan masyarakat bahwa Pemilu 2024 sudah dekat sehingga dapat bersiap-siap menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 mendatang.

Prosesi serah terima dimulai dengan pengalungan syal batik sebagai ucapan selamat datang dari komisioner KPU Kabupaten Purworejo kepada anggota KPU Wonogiri.

BACA JUGA:Hari Jadi ke-75 DPRD Kabupaten Purworejo, Ribuan Peserta Antusias Ikuti Heritage Walking Tour

Kemudian dilanjutkan acara penyambutan, penandatanganan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, dan penyerahan bendera merah putih serta bendera KPU secara simbolis.

Selanjutnya, sebanyak 18 bendera partai politik (Parpol) dikirab memutari sebagian Kota Purworejo. Kirab menempuh rute mulai dari depan Pendopo Kabupaten Purworejo (Jalan R.A.A Tjokronegoro) menuju Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Veteran, Jalan A. Yani, hingga berakhir di depan Kantor KPU Purworejo.

Belasan bendera parpol peserta Pemilu 2024 itu dikirab oleh pasukan Paskibraka Kabupaten Purworejo diikuti grup drumband SMK Batik Perbaik Purworejo. Kemudian, arakan kirab diikuti oleh anggota DPC/DPD 18 parpol di Kota Berirama, para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Purworejo, serta ditutup tim marchingband SMK PN Purworejo.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo, Jarot Sarwosambodo, menyebut kegiatan kirab bertujuan untuk mengedukasi sekaligus mengingatkan masyarakat bahwa Pemilu 2024 sudah dekat.

BACA JUGA:Dukung Pengembangan Investasi dan Data Lintas Sektoral Purworejo, Portal Si Dalijo Diluncurkan

Dengan demikian, masyarakat diharapkan segera bersiap-siap menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Tentu kami ingin ada peran aktif masyarakat dalam Pemilu 2024 mendatang. Mereka mengetahui tahapan-tahapan pemilu dan kelak bisa menggunakan hak suaranya. Diharapkan para pemilih mulai mencermati DCT, mulai melihat dan mencari tahu calon-calon legislatif (caleg) di Dapil masing-masing," sebutnya.

Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Purworejo akan berlangsung selama 6 hari sampai Jumat (10/11). Setelah itu, atribut kirab akan diestafetkan ke KPU Kabupaten Kebumen.

Selama 6 hari itu, bendera 18 parpol akan dikirabkan ke 6 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Purworejo. Adapun, pelaksanaan pawai pemilu di masing-masing dapil akan dilaksanakan oleh para PPK dan PPS di wilayah tersebut.

Jarot menyebut, pihaknya tidak membatasi kegiatan pawai Pemilu yang akan dilaksanakan oleh PPK dan PPS masing-masing Dapil. Mereka dibebaskan berkreasi dan berinovasi melakukan kegiatan untuk mensosialisasikan tahapan pemilu 2024, semisal senam sehat di Dapil 2 (Purwodadi, Ngombol, Bagelen) yang akan digelar di Pantai Dewaruci pada 6 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres