6 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

6 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker

6 Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, Tanaman Herbal sebagai Obat Kanker-Odua Images-Canva

MAGELANGEKSPRES-- Temulawak merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Banyak orang menggunakan Temulawak sebagai obat antiradang dan penyembuh luka.

Temulawak memiliki nama latin Curcuma zanthorrhiza, berbentuk silinder dengan diameter sekitar 6 cm.

Rimpang temulawak memiliki warna kuning muda dan mengandung berbagai zat seperti seperti protein, lemak, serat, karbohidrat, kurkumin, kalium, natrium, kalsium, magnesium, zat besi, mangan, dan kadmium.

Dengan berbagai kandungan dan zat aktif yang dimilikinya, tidak heran jika temulawak memiliki banyak manfaat antara lain sebagai berikut:

BACA JUGA:Temulawak, Obat Herbal Khas Indonesia yang Punya Segudang Manfaat Jika Dikonsumsi

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak memiliki khasiat sebagai obat alami mengatasi gangguan pencernaan. Salah satunya adalah untuk merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu yang berkaitan dengan proses metabolisme makanan.

Selain itu, temulawak juga digunakan untuk mengatasi perut kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

Para ahli bahkan telah membukktikan bahwa mengonsumsi temulawak setiap hari dapat mempercepat proses penyembuhan pada pasien yang mengalami peradangan usus. 

BACA JUGA:7 Resep Membuat Jamu Tradisional, Minuman Bermanfaat Penunjang Stamina

Mengatasi Osteoartritis

Temulawak memiliki manfaat dalam membantu pasien yang menderita osteoartritis. Osteoartritis sendiri merupakan kondisi dimana sendi-sendi mengalami kerusakan yang menyebabkan rasa sakit disertai kekakuan.

Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa temulawak memiliki efek yang hampir sama dengan ibuprofen, obat penghilang rasa sakit, dalam meredakan gejala osteoartritis.

Obat Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: