Temulawak, Obat Herbal Khas Indonesia yang Punya Segudang Manfaat Jika Dikonsumsi

Temulawak, Obat Herbal Khas Indonesia yang Punya Segudang Manfaat Jika Dikonsumsi

Manfaat Mengonsumsi Temulawak-rempahalamiperawatanwanita-Tangkapan layar Instagram

MAGELANGESKPRES -- Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma zanthorriza merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di Indonesia yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Temulawak yang dikenal sebagai ramuan penambah nafsu makan ini ternyata masih satu family dengan tanaman kunyit. 

Selain menambah nafsu makan, temulawak dipercaya dapat meredakan berbagai macam masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, radang, hingga gangguan fungsi hati. 

Oleh karena manfaatnya yang begitu melimpah, tanaman herbal ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara, terutama di benua Asia bagian Tenggara.

BACA JUGA:5 Manfaat Bengkoang Selain Untuk Mencerahkan Kulit, Belum Banyak Yang Tau!

Tanaman herbal yang satu ini pun juga memiliki kegunaan lain seperti bumbu masakan, pewarna makanan, bahkan untuk treatment kecantikan. 

Apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan? Jawabannya bisa kamu simak dalam ulasan di bawah ini! 

1. Meredakan Gangguan Sistem Pencernaan

Obat herbal yang terbuat dari temulawak juga cukup dikenal manfaatnya untuk meredakan gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, dan sembelit.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa temulawak memiliki potensi luar biasa dalam mengatasi masalah radang lambung atau gastritis.

BACA JUGA:Daun, Batang, hingga Akar Pohon Tabebuya Ternyata Mampu Menyembuhkan Segala Jenis Penyakit !

2. Anti Inflamasi dan Mengatasi Infeksi 

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Senyawa kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mendukung proses pemulihan saat demam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: